19 September 2013

Sayur Campur


Ada kentang, kacang panjang, kol, dan tempe. Sebenarnya tak ada rumus mentok untuk membuat sayuran campur seperti ini. Ada yang menggunakan wortel atau sayuran lainnya. Selama bisa dijadikan campuran orang dengan bebas saja mencampurkannya ke dalam masakan ‘sayur campur’. Suka tahu? Juga bisa dipotong dadu dan dimasukkan ke dalamnya.

Sayuran campur seperti ini biasanya saya temukan di kenduri pernikahan di kampung atau rumah makan Melayu. Ciri khasnya adalah kuahnya yang berwarna kuning kemerahan dan memiliki santan. Kebetulan saya sendiri belum pernah memasaknya jadi tidak tahu bumbu apa saja yang digunakan di dalamnya. Tetapi kalau memang ingin memasak bahan-bahan yang ada di kulkas yang sudah lama tersimpan dan bingung mau dimasak menjadi apa tak ada salahnya berkreasi dan membuatnya menjadi sayuran campur.

Meskipun sayuran di dalamnya bercampur masakan yang ini beda dengan Cap Cay yang memang terdiri dari beberapa jenis sayuran. Kalau Cap Cay mirip dengan tumis beda dengan ‘sayur campur’ ini, mirip dengan kuah ayam masak merah. Ini menjadi pe-er bagi saya yang harus bisa memasak dengan kreatif di rumah saat resmi menjadi istri seseorang.

Masak yuk!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah yang baik. Semua komentar yang masuk akan dimoderasi. (admin: Honeylizious [Rohani Syawaliah]).

@honeylizious

Followers