26 September 2013

Rumah Radakng


Di Jalan Sutoyo berdiri tegak sebuah rumah adat etnis Dayak yang disebut dengan Rumah Betang. Dulunya ini menjadi satu-satunya rumah adat Dayak di Kota Pontianak. Sekarang di simpang Kota Baru tak seberapa jauh dari Rumah Adat Melayu berdiri tegak sebuah rumah adat yang lebih besar dibandingkan yang di Jalan Sutoyo. Sama-sama rumah adat Dayak tetapi sebutannya bukan rumah betang lagi, melainkan dinamai Rumah Radakng. Memang terdengar lebih mencerminkan Dayak kalau dilihat dari bahasanya.

Saya sendiri sudah beberapa kali melintasi Rumah Radakng ini tetapi masih belum lewat saat matahari sedang bersinar dengan terangnya sehingga urung mengambil foto rumah adat tersebut. Halamannya juga masih belum rapi. Masih banyak bagian tanah kuning sehingga kalau hari hujan dapat dipastikan halamannya akan becek. Tetapi melihatnya dari luar saja sudah sangat menyenangkan. Apalagi sampai bisa masuk dan melihat bagian dalamnya secara langsung.

Tenang, buat teman-teman yang tertarik untuk melihatnya nanti akan segera saya ambil gambarnya. Kalau memungkinkan juga akan saya buat video pendeknya. Semoga segera bisa ke sana dan masuk ke dalamnya. Tak hanya melihat dari luar.


Di tempat teman-teman apakah ada juga rumah adat Dayak? Kalau boleh tahu apa namanya?

@honeylizious

Followers