9 September 2013

Review Kuliner: Putu Kacang Hijau


Makanan yang satu ini sangat mudha ditemukan saat lebaran tiba. Biasanya banyak warga Kabupaten Sambas yang menyediakan kue putu kacang hijau ini di dalam toples dan diletakkan di atas meja untuk menjamu tamu-tamu yang datang mengunjungi rumah mereka. Tetapi banyak pula yang memilih untuk tidak membuatnya karena untuk membuat putu kacang  hijau ini bukan perkara yang mudah. Apalagi buat saya sendiri. Hahahaha…

Putu kacang hijau ini dibuat dari kacang hijau yang dihaluskan hingga menjadi tepung lalu dicampur dengan tepung gula. Tak sampai disitu. Proses mencetaknya butuh kesabaran sebab harus ditekan-tekan sehingga tepung gula dan kacang hijau tersebut menyatu dan terbentu sempurna. Kalau tidak kuat menekannya bisa-bisa putunya akan kembali menjadi tepung. Bagian itu yang sulit. Setelah putu dicetak harus dibakar lagi dalam oven agar benar-benar mengeras.

Saya tidak tahu apakah sudah ada orang yang menemukan cara membuatnya menjadi lebih mudah meskipun tetap manual. Satu hal yang jelas saya ingat, di rumah tidak pernah tersedia kue lebaran ini. Nenek lebih suka membuat kue lapis dibandingkan membuat putu seperti ini. Memang membuat kue basah jauh lebih mudah buat nenek. Jadi kalau saya menemukan kue putu kacang hijau ini di rumah orang lain, tak terkira senangnya hati saya dan langsung mencomot satu persatu putu tersebut dari toplesnya.


Bagaimana dengan lebaran di tempatmu?

@honeylizious

Followers