12 September 2013

Review Kuliner: Daun Singkong Santan


Sayuran yang satu ini juga banyak ditemukan di rumah makan. Beragam cara memasaknya membuat daun singkong tampil dengan balutan yang berbeda di dalam piring. Ada yang memasaknya dengan merebusnya saja dan cukup dilalap dengan tambahan sambal hijau yang penuh minyak khas padang. Ada juga yang memasaknya dengan santan seperti yang saya beli di sebuah rumah makan melayu.

Daun singkong yang dimasak dengan santan seperti ini memang nikmat sekali untuk dinikmati dengan sepiring nasi hangat. Apalagi saya sendiri sangat menyukai makanan berkuah. Dapat dipastikan saya akan mengambil banyak sekali kuah santan dari sayur ini untuk nasi saya dan makan dengan lahap. Untuk lauknya sendiri saya tak begitu pemilih. Mau rendang daging atau tempe, saya akan tetap makan dengan lahapnya.

Ada dua cara memasak daun singkong dengan santan. Menghaluskan daun singkongnya atau hanya memotong supaya tidak terlalu panjang. Saya lebih suka dengan daun singkong yang masih berupa daun dibandingkan dengan yang dihaluskan dengan ditumbuk. Walaupun di beberapa daerah daun singkong tumbuk menjadi sayuran favorit tapi setiap kali melihat daun singkong tumbuk mengingatkan saya pada isi perut sapi yang berisi rumput yang sudah halus dikunyah.


Entahlah saya sendiri bingung menjelaskannya.

@honeylizious

Followers