23 September 2013

Puncak Kulminasi


Hari ini, saat matahari tepat berada di atas kepala tadi siang, adalah puncak acara fenomena kulminasi yang dirayakan oleh Kota Pontianak. Fenomena yang selalu terjadi di Pontianak dua kali dalam setahun. 21-23 Maret dan 21-23 September. Meskipun hari ini saya tidak datang, saya sudah menyaksikan kulminasi yang terjadi tanggal 22 September kemarin.

Tanggal 23 September menjadi puncak acara fenomena kulminasi ini sebab pada hari ini semua acara akan digelar dengan meriahnya. Beda dengan kemarin yang masih terhitung gladi bersih. Meskipun ada sajian tarian dan nyanyian namun masih berada pada tahap latihan. Tak apalah, sebab setidaknya sudah melihat bersama bagaimana kulminasi itu terjadi.

Tahun depan saya harus datang tanggal 23 Maret untuk melihat fenomena ini. Ramai sekali yang datang untuk acara yang kemarin padahal cuaca sedemikian panasnya. Matahari sangat terang. Begitulah kulminasi. Fenomena yang terjadi saat posisi matahari sejajar dengan poros bumi. Sehingga bayangan akan menghilang saat benda berada di titik equator. Untuk benda yang bentuknya lurus seperti pipa akan lebih kelihatan. Bayangannya benar-benar tidak ada.


Tarian dan nyanyian melayu akan disajikan untuk menghibur pengunjung yang menunggu detik-detik puncak Kulminasi. Kalau ketinggalan kulminasi tahun 2013 datang ke Pontianak tahun depan ya!

@honeylizious

Followers