28 September 2013

Pawai Festival Budaya Bumi Khatulistiwa

foto oleh Arif

Kalau ditanya ada berapa jumlah kabupaten yang ada di Kalimantan Barat dapat dipastikan saya akan tergagap menjawabnya. Tapi kalau diminta menyebutkan beberapa di antaranya tentu bukan hal yang sulit. Ada Kabupaten Sintang, Kabupaten Sambas, Kabupaten Pontianak, Kabupaten Ketapang, Kabupetan Kubu Raya, dan masih banyak lagi. Satu di antaranya yang mengikuti Festival Budaya Bumi Khatulistiwa adalah dari Kabupaten Kapuas Hulu. Butuh belasan jam dari Pontianak dengan naik bus untuk mendatangi kabupaten ini.

Kabupaten Kapuas Hulu termasuk Sintang, Putussibau, dan Sekadau terkenal dengan kerupuk basahnya. Makanan khas kerupuk basah memang menjadi sesuatu yang sangat istimewa dari sana. Terbuat dari daging ikan dan campuran bumbu dan tepung, belum lagi cocolan sambal kacangnya yang membuat air liur menetes. Ah sudah lama sekali tak menikmati kerupuk basah yang asli dari sana.


Dulu waktu masih kuliah, teman sekelas saya yang dari Putussibau sering membawa oleh-oleh kerupuk basah untuk dimakan bersama-sama di kos.

@honeylizious

Followers