22 September 2013

Pantai Sinam


Pantai Sinam itu pantai yang terletak di Sinam, di Jalan M. Sohor Kota Pemangkat. Letaknya juga di sepanjang jalan raya besar. Tak sulit untuk menemukannya karena memang jalan yang menghubungkan Pemangkat dengan kota lainnya hanya ada satu jalur di Sinam ini. Dapat dipastikan semua orang yang ingin ke Pemangkat dari arah Singkawang atau Pontianak akan melewati Pantai Sinam.

Sayangnya Pantai Sinam tidak dibangun sebagai tempat rekreasi. Orang yang memanfaatkan pantai ini hanya orang yang membuka cafe di sepanjang pantai. Sehingga pengunjung yang ingin melihat pantai dan pegunungan yang ada di Laut Natuna bisa berada di tempat yang teduh. Bisa pula sambil menikmati segelas es kelapa muda. Padahal pemandangan lautnya yang indah bisa menjadi satu di antara tempat wisata yang bisa ditawarkan pada penduduk sekitar atau luar daerah.

Pantai Sinam sekarang malah menjadi tempat berdirinya cafe-cafe yang malam hari berubah menjadi cafe remang-remang. Padahal dengan sedikit kreativitas barangkali Pantai Sinam bisa menjadi tempat wisata yang unik. Seperti Pantai Pasir Panjang atau Mimiland yang ada di Singkawang.

Jangankan mau mengubah Pantai Sinam menjadi tempat wisata, Pantai Tanjung Batu yang dulunya memang tempat wisata, sekarang juga tak dirawat. Padahal dulunya banyak sekali permainan yang bisa dimainkan oleh anak-anak. Bahkan banyak sekolah yang mengadakan tur ke Pantai Tanjung Batu. Air laut yang membentang dan bisa dilihat dengan jelas dari bibir pantai semestinya menjadi harta berharga untuk mengembangkan wisata di daerah Pemangkat.


Sayang sekali ya?

@honeylizious

Followers