24 September 2013

Mentimun Kerok

Minuman ini sangat mudah membuatnya. Bahkan saya yang masih duduk di sekolah dasar juga bisa membuatnya. Saya sering membuat minuman ini saat kecil karena Aki (kakek) saya yang menderita hipertensi membiasakan dirinya untuk minum mentimun supaya tekanan darahnya tidak naik.

Dia akan membelah panjang mentimun lalu mengeroknya seperti mengerok kelapa muda. Satu buah mentimun bisa dibuat segelas minuman mentimun kerok. Setelah mentimunnya selesai dikerok tinggal ditambahkan gula sesuai selera dan sedikit air karena mentimun sendiri sudah mengandung banyak sekali air.

Kalau suka dingin bisa gunakan air dingin atau tambahkan beberapa potong es batu di dalam minuman ini. Aki sendiri tak pernah menambahkan es batu. Hanya sedikit air dan gula. Setelah diaduk rata, Aki akan menghirupnya sampai habis. Ternyata manfaat mentimun tidak hanya baik untuk yang menderita tekanan darah tinggi, untuk yang sedang ingin menurunkan berat badan juga bisa.


Selain itu tentu saja menyehatkan tubuh. Apalagi yang sering kepanasan. Mentimun bisa menjadi pilihan tepat untuk menambah cairan tubuh.

@honeylizious

Followers