7 September 2013

Menikmati Matahari Terbit di Setumbu


Kalau sudah baca cerita Nekad Traveling saya beberapa tahun yang lalu yang membuat saya terdampar di Borobudur (Candi Borobudur) Magelang, Jawa Tengah, pasti sudah tahu tempat apa yang saya datangi selama di Magelang. Belum baca? Baca dulu supaya kita bisa lebih tersambung ngobrolnya.

Kali ini ingin mengajak kamu mengintip indahnya matahari terbit. Memang matahari hanya satu, tapi pemandangan yang kita lihat bersamaan dengan matahari tersebut membuat kita membandingkan indahnya satu tempat dengan tempat yang lain hingga ada yang menyapa saya di twitter dan mengajak saya untuk datang lagi ke Jawa Tengah, Magelang. Mengintai matahari terbit dari Setumbu. Karena sedang berada di depan komputer dengan koneksi internet kecepatan penuh jadilah saya mencari tahu tentang Setumbu yang dimaksud melalui internet.



Mengutip dari artikel yang saya temukan penjelasan tentang Setumbu seperti ini.

Punthuk Setumbu merupakan nama sebuah bukit yang terletak sekitar 4 km arah barat Candi Borobudur. Bukit yang terletak di Desa Karangrejo ini merupakan salah satu tempat terbaik untuk menyaksikan kemegahan Candi Borobudur di kala pagi sekaligus menunggu terbitnya matahari dari balik Gunung Merapi. Ada beragam cara untuk mencapai bukit dengan ketinggian 400m dpl ini, yakni dengan berjalan kaki, naik sepeda, atau naik ojek.

Matahari terbit adalah sesuatu yang menyenangkan untuk dilihat setiap harinya. Seakan-akan sebuah harapan baru buat kita yang bisa jadi kemarin menyisakan duka dan luka. Matahari terbit seakan menyatakan pada kita bahwa akan ada kesempatan lagi hari ini untuk menjadi orang yang lebih bahagia. Warnanya memang sama. Mataharinya juga sama. Tapi kita bisa melihatnya dengan cara yang berbeda. Menikmatinya bersama orang yang beda pula.

Saya sendiri tidak sempat untuk datang ke sini beberapa tahun yang lalu waktu saya jalan ke Borobudur. Memang pilihan travelnya terlalu mainstream. Borobudur terlalu biasa untuk dijadikan pilihan. Terlalu banyak yang memilihnya. Itu seperti ingin ke pantai lalu memutuskan harus datang ke Bali. Walaupun memang ada kepuasan sendiri bisa mendatangi tempat yang juga didatangi banyak orang. Tapi jauh lebih menyenangkan kita juga bisa datang ke tempat yang tak semua orang tahu tentang keberadaannya dan tak banyak yang memutuskan untuk datang ke sana.


Seperti matahari yang selalu saya nikmati setiap akhir pekan di atas bukit, di Keleteng yang berdiri tegak di bukit yang dinamakan Gunung Gajah di Pemangkat. Itu dulu waktu saya masih duduk di bangku SMA.
 

Rohani Syawaliah Template by Ipietoon Cute Blog Design