13 September 2013

Mengedit Background Template dengan CSS


Mengubah template memang sesuatu yang sudah lumrah buat sebagian blogger. Walaupun awalnya mencoba-coba kadang mengedit template menjadi sesuatu yang menyenangkan sebab bisa mendapatkan ilmu tambahan yang baru. Belum lagi melakukan pengeditan sebuah template membuat template kita menjadi berbeda dengan blog orang lain. Meskipun template yang kita gunakan pada dasarnya adalah template yang awalnya memang sudah tersedia di blogger atau template gratisan yang diberikan oleh seorang designer.

Setiap membongkar template yang diberikan secara cuma-cuma oleh designer template saya selalu mencoba untuk memahami setiap CSS yang dia gunakan. Dibandingkan mengedit menggunakan html yang rawan error karena kesalahan penggunaan ‘tag’ di kotak html rasanya CSS memang jauh lebih memungkin untuk diedit dan dihapus pula dengan mudah tanpa takut merusak tampilan blog kita sebelumnya.

Selalu ingat untuk mengunduh lengkap template yang kita miliki sebelum melalukan pengeditan apa pun.

Apa pun blog yang teman-teman miliki, blog traveling, fashion, kuliner, resep masakan, random, apa pun itu konten dan tampilan adalah dua hal yang saling mendukung. Jangan sampai tampilan blog kita yang tak nyaman di mata pengunjung membuat mereka tidak berminat untuk menghabiskan waktu lebih lama lagi di blog kita. sehingga banyak hal yang barangkali bisa kita bagi dengan mereka menjadi terlewatkan.

Memang blog traveling atau kuliner tetap akan menarik untuk dibongkar-bongkar meskipun tampilannya sederhana. Namun dengan menampilkan template yang nyaman dan membuat pengunjung betah tentunya akan menjadi nilai tambah untuk blog dan blogger itu sendiri.

Saya belum mahir untuk mengedit sebuah template dari halaman kosong. Masih belum hapal kode-kode yang bisa digunakan untuk mengedit sebuah template. Namun tak ada salahnya membagikan sedikit pengetahuan yang saya dapatkan selain untuk catatan sendiri di kemudian hari juga untuk informasi bagi blogger yang bukan berasal dari dunia IT seperti saya.



Ini contoh gambar latar atau background yang bisa teman-teman gunakan untuk mempercantik tampilan blognya. Usahakan untuk menggunakan template bawaan blogger yang sudah disesuaikan dengan warna background ini. Kalau memang pintar menggambar. Silakan gambar background yang diinginkan. Untuk tahu ukuran utuh background ini sebagai acuan gambar yang diinginkan bisa klik di sini.

Kode CSS-nya sebagai berikut.


Kalau ingin mengubah background tersebut dengan gambar yang lain silakan ganti tautan atau link yang saya tandai dengan warna ini tersebut.

background: url(http://2.bp.blogspot.com/-bo1GI5nGBYA/UjJgaD-JjRI/AAAAAAAABH0/ZqGq3FEY8HQ/s640/background.jpg) fixed top center;


Intinya sih jangan takut untuk mencoba kalau memang ingin mendapatkan template yang benar-benar sesuai dengan yang diinginkan. Selamat mencoba.

@honeylizious

Followers