3 September 2013

Mengapa Ngeblog Harus Menggunakan Bahasa Indonesia yang Baik dan Benar?


Sekarang saya berusaha menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar untuk menulis di blog ini. Bahkan kalau bisa jangan sampai terjadi kesalahan penulisan di dalam setiap tulisan. Sebab saya ingin semua orang bisa memahami apa yang saya tuliskan. Bahkan untuk blogger luar negeri yang tidak menggunakan bahasa Indonesia.

Apabila kita menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar, otomatis orang yang tak memahami bahasa Indonesia dapat menggunakan google translate untuk membaca tulisan kita. Kalau kita tidak menggunakan bahasa Indonesia mesin penerjemah ini tentu tak dapat menerjemahkan tulisan kita dalam bahasa yang diinginkan oleh pembaca tersebut dengan benar. Walaupun harus saya katakan bahwa Google Translate memang bukanlah sebuah mesin penerjemah yang sangat smart. Setidaknya mesin penerjemah ini masih menjadi pilihan bagi banyak orang untuk memahami sebuah tulisan. Begitu juga saya yang kadang kesulitan memahami bahasa Inggris.

Apalagi saat menemukan tulisan dalam bahasa Rusia yang saya sendiri tak bisa membaca huruf yang mereka gunakan. Kalau kita memang ingin dipahami oleh semua orang, termasuk orang yang tidak menggunakan bahasa Inggris sebenarnya kita tak perlu repot menggunakan bahasa Inggris seperti yang sempat saya lakukan beberapa waktu yang lalu. Ternyata bahasa Inggris saya yang saya sebut dengan 'broken english' tersebut malah lebih rancu dari terjemahan Google Translate.

Itu sebabnya sekarang saya mengembalikan bahasa blog ini ke Bahasa Indonesia dan sedang menuju bahasa Indonesia yang baik dan benar. Semoga Google Translate bisa menerjemahkannya dengan baik sehingga banyak orang bisa memahami semua informasi yang saya bagikan. Terutama untuk tulisan yang membahas tentang makanan dan traveling.

Sayang rasanya banyak tempat yang ada di Kalimantan Barat tak diketahui oleh orang lain. Padahal kita yakin tempat-tempat itu cukup istimewa untuk dipublikasikan. Belum lagi makanan daerah kita yang bisa jadi menurut orang lain adalah makanan asing atau makanan yang sangat unik untuk dicicipi.



 

Rohani Syawaliah Template by Ipietoon Cute Blog Design