25 September 2013

Mencuri Ide Menulis


Mencuri selalu identik dengan hal yang buruk. Tetapi sebenarnya banyak hal yang bisa dikategorikan dalam kriteria mencuri yang baik. Seperti mencuri salam. Sekarang kasusnya adalah mencuri ide. Maksudnya sih bukan copy paste tulisan orang tanpa izin lalu memostingnya di blog kemudian mengakui bahwa tulisan tersebut adalah miliknya. Itu bukan mencuri lagi. Melainkan merampok. Menjajah ide orang lain. Mengangkanginya begitu saja.

Mencuri ide menulis yang saya maksudkan adalah mengangkat tema atau topik yang sama dengan orang lain yang sudah menulis lebih dulu lalu menjadikan ide kita juga. Tentu saja dengan menulis sebuah tulisan yang benar-benar baru dan dilihat dari sudut pandang kita sendiri. Terserah kita ingin pro dengan tulisan yang idenya kita ‘curi’ tersebut atau kontra. Semuanya kembali lagi pada diri kita sendiri.

Untuk mencuri ide menulis orang lain kita pastinya harus tahu orang menulis tentang apa. Supaya tahu, banyak-banyaklah membaca tulisan orang lain. Kita akan punya pendapat sendiri mengenai sebuah topik yang diutarakan seseorang. Dibandingkan kita harus komentar panjang lebar bukankah lebih baik kita menuangkan menjadi bentuk tulisan utuh di blog kita sendiri.


Setiap orang punya cara untuk menulis, siapa tahu dengan mencuri ide menulis orang lain kamu bisa menulis lebih baik lagi.

@honeylizious

Followers