12 September 2013

Memanfaatkan Roti Blodar Sisa






Roti Blodar atau sebenarnya disebut kue blodar adalah satu di antara makanan khas yang ada di Pontianak. Roti Blodar mirip dengan kue yang biasa dijual di pasaran. Tetapi yang membedakannya tentu saja dari segi rasa. Kemarin saya menemukan tiga roti blodar di lemari yang tak termakan. Ada satu yang sudah sisa setengah dan dua masih utuh. Roti ini tidak bisa tahan terlalu lama setelah dibuat. Seharusnya langsung dihabiskan. Namun karena memang di rumah teman saya yang tinggal hanya dia sendiri, mau tak mau roti tersebut tersisa banyak. Sebelum berjamur roti tersebut saya potong-potong dan dibuat roti panggang dengan taburan gula di atasnya.

 

Untuk memanggangnya bisa menggunakan mentega atau minyak sayur. Kembali lagi pada persediaan di rumah. Jangan sampai kreativitas kita dihalangi oleh ketiadaan mentega. Sebenarnya saya ingin membuat roti panggang dengan susu tapi tak melihat sekaleng susu yang belum dibuka di lemari. Jadinya saya hanya menaburkan gula di atasnya. Ini panganan yang sangat sederhana dengan memanfaatkan roti sisa yang tak termakan. Bisa roti tawar sisa atau roti yang lain. Selama bisa dipanggang, jangan kehabisan ide untuk memanfaatkan roti sisa. Daripada berjamur dan dibuang kan sayang.

Untuk melengkapi cemilan ini saya menyiapkan sekaleng es teh manis dan menunggu kedatangan teman saya dari tempat kerjanya. Ketika dia melihat kejutan kecil ini ekspresinya sangat senang. Padahal membuatnya hanya butuh beberapa belas menit tapi memang yang namanya kejutan selalu menyenangkan. Dapat ditebak, kue dan esnya dihabiskan tak bersisa.

 


Punya roti sisa yang masih bisa digunakan untuk membuat cemilan di rumah? Jangan lupa bagi resepnya di sini.

@honeylizious

Followers