16 September 2013

Memanfaatkan Lauk Sisa


Menemukan beberapa lauk sisa makan malam yang masih tersisa di kulkas? Mau dibuang sayang. Mau dimakan sudah tak menyelerakan? Tenang lauk sisa sebenarnya bisa diolah kembali menjadi makanan yang nikmat selama kita mau berkreasi di dapur. Bahkan dengan sedikit bumbu. Jangan takut untuk meluangkan waktu dan merasa waktu yang dimiliki terlalu sempit. Sebab ada banyak sekali kreasi makanan dari lauk sisa yang hanya butuh 10 menit untuk menyiapkannya.

Jadi tadi pagi saya menemukan dua potong rendang. Sebutir setengah telur asin. Di dalam kulkas. Saya ambil dan saya potong beberapa siung bawang merah dan putih. Lalu bawangnya saya tumis hingga harum. Saat bawangnya sudah harum saya tambahkan air. Saat airnya hampir mendidih saya masukkan potongan rendang dengan sisa kuahnya ke dalam air yang ada di dalam wajan tersebut. Setelah itu telur asinnya saya belah dua bagian dan saya ambil dengan sendok dan saya masukkan pula dalam wajan yang sekarang warnanya sudah berubah menjadi seperti warna kuah rendang. Yaiyalah namanya juga rendang yang dimasukkan ke sana.


Kemudian saat sudah mendidih saya tambahkan sedikit masako. Jangan tambahkan garam lagi karena asinnya sudah cukup dari kuah rendang dan telur asin. Kalau sudah matang tinggal diangkat dan siap disajikan dengan sepiring nasi hangat. Selamat mencoba.

@honeylizious

Followers