23 September 2013

Melihat Miniatur Keraton Pontianak dan Meriam Karbit di Tugu Khatulistiwa


Sebelumnya miniature ini tidak ada di TUgu Khatulistiwa. Entah sejak kapan banyak sekali miniature keraton Pontianak dan juga meriam karbit yang memang menjadi cirri khas yang unik milik Pontianak, Kalimantan Barat. Meriam karbit ini sering dimainkan saat bulan puasa dan juga lebaran. Dapat dipastikan dentumannya akan sangat keras dan membahana, bahkan bisa terdengar hingga jarak berkilo-kilo meter. Sebab dimainkan di pinggiran Sungai Kapuas.

Ukuran meriam karbitnya juga tak tanggung-tanggung. Sebesar pohon. Diameternya barangkali bisa mencapai setengah meter dengan panjang lebih dari 4 meter. Bergantung kayu yang digunakan untuk membuat meriam ini. Pada bulan puasa orang di sekitar Gertak Kapuas (Jembatan Kayu Kapuas) akan sibuk sekali membuat meriam untuk menyambut lebaran idul fitri.

Meriam karbit ini menjadi alasan banyak turis mancanegara datang ke Pontianak, Kalimantan Barat. Terutama dari negara-negara tetangga seperti Malaysia dan Singapura yang memang dekat dengan Pontianak. Nah melihat bentuk miniaturnya jadi gemes, sebab meriam karbit yang sebenarnya terlihat perkasa pada bentuk aslinya saat dibuat menjadi miniature seperti ini jadinya lebih lucu.


Ada banyak sekali miniature meriam karbit ini yang dipamerkan di Tugu Khatulistiwa. Untuk masuk ke kawasan Tugu Khatulistiwa tidak dipungut bayaran jadi ini bisa menjadi pilihan wisata yang murah meriah buat yang datang ke Pontianak dengan dana pas-pasan.

@honeylizious

Followers