19 September 2013

Make It Personal


Setiap manusia dilahirkan dengan keunikannya masing-masing. Itu sebabnya sebuah tulisan yang personal bukan copy paste akan memiliki keistimewaan sendiri di mata pembacanya. Ada hal-hal yang sulit untuk dijelaskan oleh pembaca ketika menemukan sebuah tulisan. Ada ‘warna’ dan ‘rasa’ yang membedakan antara sebuah tulisan dengan tulisan lainnya.

Sebenarnya kita tidak perlu mencoba menjadi orang lain atau meniru gaya menulis dari orang yang menurut kita baik. Belajar dari tulisan orang lain memang perlu tetapi menemukan sisi personal kita sendiri jauh lebih penting. Karena ada hal-hal yang menjadi titik poin yang berbeda antara satu penulis dengan penulis lainnya. Seperti kita yang diminta duduk di pinggir sebuah danau dan diminta menceritakan tentang danau tersebut.

Selalu aka nada bedanya antara tulisan kita dengan orang lain. Ada yang memperhatikan danau tersebut dari sisi keindahannya. Bisa jadi ada yang melihat pada kemungkinan ikan-ikan yang ada di dalam danau tersebut. Setiap orang punya sudut pandang berbeda meskipun sedang menceritakan sesuatu hal yang sama. Bahkan berada di tempat yang sama saat menuliskannya.

Inilah ‘rasa’. Kita bisa memasak makanan yang sama, menggunakan bumbu yang serupa, tetapi cara kita menyajikannya, dan tangan yang digunakan berlainan. Ini akan membuat makanan tersebut memiliki rasa yang tidak akan sama. Inilah yang harus dipelajari seorang penulis untuk membuat tulisan yang dia hasilkan lebih memberikan rasa tentang dirinya. Saat orang membaca kata demi kata orang akan sadar tulisan itu milik siapa sebenarnya.

Semua orang bisa saja mengambil tulisan kita dari blog, lalu memajangnya di blog mereka. Kemudian mengubah kata-katanya. Tetapi satu hal yang tidak akan pernah bisa orang lain curi. Kemampuan kita untuk menuliskan hal tersebut dengan ‘rasa’ yang menunjukkan cirri khas kita tentunya adalah hal yang tidak akan pernah bisa diambil oleh siapa pun.

Selamat menulis. Just make it personal!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah yang baik. Semua komentar yang masuk akan dimoderasi. (admin: Honeylizious [Rohani Syawaliah]).

@honeylizious

Followers