29 September 2013

Kursus Membatik di Pontianak







Di seberang Radio Volare ada sebuah rumah batik. Selama empat tahun berkeliaran di Jalan M. Sohor, tempat Gedung Volare Network berdiri tak membuat saya tahu tentang tempat ini. Selama ini saya hanya menemukan tempat ini sudah tertutup. Ada banyak batik di dalamnya. Pernah saya pikir ini warung nasi karena memang sekilas mirip dengan warung tempat makan. Tetapi ternyata ini sebuah rumah batik Kalimantan Barat. Tidak hanya menjual kain dengan motif batik khas Kalimantan Barat tetapi juga bisa kursus membatik di sini.



Kemarin pagi, saya memang kebetulan lewat depan tempat ini saat menyeberang untuk membeli amplop di toko ATK yang berjarak beberapa ruko dari tempat ini. Ada dua orang perempuan yang sedang sibuk membatik. Saya tertarik dan mendekati mereka. Mereka sangat ramah dan membuat saya menghabiskan belasan menit di sini. Sambil mengambil foto, mengamati gambar batik, dan mengobrol dengan satu perempuan yang membatik dengan tinta hitam.


Ternyata mereka sedang kursus membatik di sini. Awalnya saya pikir mereka bekerja di sini. Sambil duduk di teras dan melihat gambar yang terus mereka warnai saya melihat bagian dalamnya tanpa melangkah masuk. Saya sendiri memang buru-buru ceritanya. Tapi membatik adalah sesuatu yang menarik buat saya apalagi ini batik Kalimantan Barat. Batik lokal yang belum dikenal banyak orang.


Kalau ada kesempatan saya pikir saya juga bisa belajar membatik di sini. Nantilah ya kalau sudah selesai semua hal yang membuat saya sangat sibuk akhir-akhir ini.

@honeylizious

Followers