17 September 2013

Kursi Kehidupan


Beberapa hari yang lalu saat mampir ke Bandara Internasional Supadio Pontianak bersama Putra, saya melihat sebuah kursi yang ada di kantin bandara. Saya sebut kantin karena memang suasananya seperti kantin. Waktu melihat kursi tersebut saya jadi merasakan bahwa kehidupan ya seperti kursi itu.

Hidup itu seperti kursi kosong di kantin, kamu bisa singgah dan duduk atau pergi begitu saja tanpa menikmati apa-apa.

Rasanya kehidupan itu seperti kursi kosong yang sering kita temui di sebuah tempat. Bisa kantin, bisa restoran, warung kopi, atau tempat lain yang menyediakan kursi. Kursi tersebut sesekali kosong, sesekali pula akan terisi oleh orang yang singgah dan ingin menghabiskan sedikit waktunya di sana. Bukankah kita manusia itu seperti orang yang menemukan kursi kosong yang ada di kantin?

Kita bisa singgah dan duduk lalu memesan makanan di kantin tersebut. Ada harga yang harus dibayar dari setiap hal yang kita ambil, makan atau minum di kantin tersebut. Kita bisa saja pergi meninggalkan kantin dan kursi kosong tersebut tanpa mengambil apa-apa. Saat kita berlalu dari kursi kosong tersebut dan memutuskan melewatkan semua kemungkinan yang akan terjadi dengan perhentian tersebut tentu saja ada hal-hal yang kita biarkan hanya menjadi kemungkinan.

Saat kita melewatkan kursi kosong tersebut artinya kita memberikan kesempatan pada orang lain dengan kehidupannya sendiri. Mau apa dia dengan kehidupan yang sudah diberikan padanya? Tak ada yang akan benar-benar tahu kelanjutan dari hal tersebut.

Percayalah, kehidupan selalu menawarkan kursi untuk kita. barangkali kita beruntung menemukan kursi kosong di sebuah kantin yang menyediakan makanan enak dan harga yang terjangkau. Tapi kehidupan tak selamanya mudah, akan banyak rintangan yang akan kita temukan. Lalu kita akan merasakan hawa kehidupan yang sebenarnya. Tak selamanya kursi-kursi itu akan kosong. Ada masanya kita harus menunggu agar kursi dan meja yang akan kita singgahi benar-benar kosong.

Kamu mau kursi yang mana?

@honeylizious

Followers