29 September 2013

Kurang Produktif Menulis


Tadi malam ada kopdar bersama banyak penulis Kalbar. Akhirnya bisa berkenalan dengan lebih banyak penulis lokal dan melihat karya mereka. Wih tak tanggung-tanggung ada yang bisa menyelesaikan 6 buku dalam waktu satu tahun. Kalau tidak salah sih ya! CMIIW

Ada ibu-ibu, bapak-bapak, dan tentu saja ada saya juga di sana. Saat melihat mereka rasanya saya sadar betapa kurang produktifnya saya menulis buku. Memang menulis di blog membuat saya lebih suka menunda menulis buku berikutnya. Sebab menulis di blog tak butuh waktu lama dan konsentrasi tinggi. 10-15 menit disisihkan 1-2 artikel sudah jadi dan bisa langsung diterbitkan di blog. Tak panjang perjalanannya. Tetapi tentu saja banyaknya karya mereka, baik yang terbit indie maupun ke penerbit mayor membuat saya iri. Seharusnya saya bisa menulis lebih banyak.

Selama ini saya terlalu banyak main-main dan lupa dengan kesukaan saya menulis fiksi. Sekarang banyak tulisan di blog tulisan non-fiksi. Memang ada manfaatnya untuk Pontianak, Kalimantan Barat. Saya mencatat banyak hal yang tak tertulis oleh orang lain.


Baiklah saya akan lebih semangat lagi supaya lebih produktif menghasilkan lebih banyak buku. :)

Related Posts

Kurang Produktif Menulis
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.