14 September 2013

Keranji oh Keranji!


Siapa yang tak tahu buah yang satu ini. Buah yang sudah biasa ditemukan di Kalimantan Barat ini memang sangat istimewa dengan kulitnya yang hitam dan isinya yang berwarna jingga. Tetapi harus hati-hati memilih buah keranji karena ada dua jenis buah ini yang rasanya sangat jauh berbeda.

Ada keranji madu yang manis dan basah dalamnya. Ada pula keranji yang ini, kering lagi asam rasanya. Tetapi buah keranji memang tetap buah yang istimewa karena saat kecil dulu kami, saya dan teman-teman, suka beradu buah keranji. Cara mainnya sangat mudah. Masing-masing memegang keranji andalannya lalu saling mendorong keranjinya ke keranji lawan. Keranji siapa yang pecah duluan, itu kalah. Kemudian pemenangnya boleh memakan keranji yang pecah tersebut.

 

Adu keranji ini memang selalu kami lakukan saat kecil dulu. Yang paling banyak memecahkan keranji lawan tentu akan paling banyak makan keranji. Yang kalah bisa-bisa tak makan keranji sama sekali. Tapi kalau yang diadu adalah keranji yang asam tentu adu tersebut tak begitu seru. Beda cerita kalau yang diadu adalah keranji madu.

Keranji oh keranji!

Di tempat teman-teman buah ini apa namanya? Keranji juga?

@honeylizious

Followers