4 September 2013

Kacang Mia alias Kacang Bendi



Perbedaan bahasa kadang menjadi kendala bagi saya untuk menjelaskan makanan atau sayuran bahkan buah-buahan yang ada di Jawai, Kalimantan Barat. Kalau sudah seperti itu hal pertama yang saya lakukan adalah mencari tahu apa padanan nama benda yang ingin saya jelaskan tersebut. Setidaknya mencari gambar barangnya jika memang saya tak menemukan padanan bahasa yang tepat.






Seperti Kacang Mia ini, tadinya saya tak tahu nama sebenarnya adalah Kacang Bendi. Setidaknya itu yang diketahui oleh mesin pencari. Saya mengetik di google dengan kata kunci 'kacang mia' tak banyak gambar yang benar yang keluar tapi ada gambar yang memang sesuai dengan yang saya cari. Saat saya buka di website tempat gambar tersebut diunggah akhirnya saya tahu bahwa di sana kacang mia disebut kacang bendi.



Mau tidak mau saya harus mengganti kata kuncinya dengan kacang bendi. Tralalala... semua gambar kacang mia terhampar di depan monitor saya. Betapa menyenangkan saat menemukan apa yang saya cari tanpa menemukan kesulitan yang berarti. Gambar kacang mia ini ditemukan dengan kata kunci 'kacang bendi'.

Dulu, nenek saya sering memasak kacang mia untuk santapan kami sekeluarga. Dimasak dengan bumbu cabai dan kuah. Rasanya memang sedikit berlendir tapi saya sendiri sangat suka dengan sayuran yang satu ini. Karena ada bagian dalamnya yang berisi kacang-kacang kecil. Setiap kali saya makan kacang mia di Pontianak, ini selalu mengingatkan saya dengan kampung dan juga dapur nenek. Beberapa hal yang sangat saya rindukan.



Di tempatmu, kacang mia disebut apa?
 

Rohani Syawaliah Template by Ipietoon Cute Blog Design