4 September 2013

Ikan Lumek


Ikan yang satu ini termasuk ikan yang sangat murah. Saya ingat betul waktu harga beras masih berkisar 5.000IDR, ikan lumek hanya dihargai 2.000IDR/kg. Sangat murah bukan? Memang ikan ini tak banyak peminatnya. Apalagi dengan kondisi ikan yang lembek dan sulit untuk dimasak seperti ikan lain.





Sulitnya itu ikannya sangat lembek dan apabila digoreng tanpa tepung akan membuat ikan ini mudah hancur dan menempel di penggorengan. Belum lagi bau amis yang menyengat dari ikan ini. Tak banyak orang yang tahan menciumnya. Tapi kalau sudah suka dengan ikan ini dapat dipastikan akan mencarinya untuk dimasak. Saya sendiri termasuk penggemar ikan lumek ini.

Selama beberapa tahun di Pontianak saya hanya pernah menemukan ikan lumek satu kali di pasar ikan. Berbeda dengan di Jawai. Hampir setiap hari ada saja orang yang menjajakan ikan ini langsung ke rumah orang-orang yang sering membeli ikan ini. Bagi saya sendiri ikan ini sangat enak. Apalagi tulangnya yang lembut membuat ikannya mudah sekali untuk dimakan.


Saya paling suka ikan lumek yang dimasak sup. Memasaknya juga sangat mudah dan tak butuh waktu lama. Sebab ikan lumek akan menjadi hancur apabila dibiarkan terlalu lama di dalam air mendidih. Saat air sup sudah mendidih dan bumbu semuanya sudah dimasukkan, barulah ikan lumek yang sudah dibersihkan dan dipotong-potong dan dimasukkan.

Ketika airnya mendidih tak perlu dibiarkan lama, cukup 2-3 menit. Ikannya sudah matang dan langsung siap untuk dinikmati. Ikan lumek ini ada pula yang menyebutnya ikan lomek. Di Jawai sendiri dieja dengan 'lummek'. Lumek artinya lembut atau lembek, seperti tak bertenaga. Karena memang ikannya yang lembut dan tulangnya yang lembek membuat namanya paling cocok disebut seperti itu.

Sayangnya ikan murah ini tak dimanfaatkan warga Jawai untuk membuat cemilan yang bisa dipasarkan hingga ke seluruh Indonesia. Padahal keberadaannya yang mudah ditemukan di Jawai dan harganya yang murah membuat ikan ini gampang sekali untuk diolah menjadi makanan khas. Entah itu dalam bentuk keripik atau peyek. Setidaknya butuh tangan-tangan kreatif untuk membuat ikan lumek ini menjadi sesuatu yang lebih bernilai. Sekarang perkiraan saya ikan lumek harganya 5.000/kg.



Memang sih kadar air di ikan ini lumayan tinggi sehingga beberapa kilogram ikan ini tak begitu banyak sebenarnya ketika selesai dimasak. Kamu tahu ikan ini?
 

Rohani Syawaliah Template by Ipietoon Cute Blog Design