22 September 2013

Hari Ini Kulminasi


Kulminasi yang terjadi dua kali dalam satu tahun, 21-23 Maret dan 21-23 September datang kembali. Hari ini tentunya masih berada dalam waktu untuk menyaksikan kulminasi ini. Kulminasi bisa disaksikan jika memang tidak ada hujan dan matahari tidak tertutup awan. Fenomena alam yang bisa disaksikan di Tugu Khatulistiwa, Pontianak, Kalimantan Barat ini biasanya akan menyedot perhatian banyak orang.

Berbagai atraksi akan diberikan untuk menghibur pengunjung yang datang. Baik dari luar kota maupun luar negari. Setiap tahunnya kulminasi selalu menjadi fenomena yang menarik untuk disaksikan. Sebab tidak semua tempat bisa dijadikan lokasi untuk menyaksikannya. Karena di Pontianak sendiri pun, pengunjung harus berdiri di dekat Tugu Khatulistiwa untuk menjadi bagian dari saksi Kulminasi ini.

Kulminasi adalah fenomena alam yang melibatkan matahari dan bayangan. Pada saat kulminasi terjadi, posisi matahari lurus dengan posisi titik khatulistiwa sehingga bayangan semua benda yang ada di sekitar Tugu Khatulistiwa akan menghilang untuk beberapa saat. Termasuk bayangan tugu khatulistiwa-nya sendiri.

Di Pontianak setiap tahun dua kali, fenomena kulminasi ini akan menjadi daya tarik turis untuk datang. Untuk pertama kalinya pula saya punya kesempatan untuk menyaksikannya langsung di Tugu Khatulistiwa. Sebab biasanya saya selalu bersiaran pada saat fenomena kulminasi ini terjadi. Sudah tak sabar rasanya untuk datang ke sana dan melihat ada atraksi apa saja yang diberikan untuk menghibur pengunjung.


Kalau hari ini kamu tak ada di Pontianak, buruan datang besok tanggal 23 September, karena peristiwa ini masih bisa disaksikan esok hari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah yang baik. Semua komentar yang masuk akan dimoderasi. (admin: Honeylizious [Rohani Syawaliah]).

@honeylizious

Followers