30 September 2013

Gulai Batang Pisang


Setelah dua postingan mengeluh mendingan sekarang beralih ke postingan soal makanan biar imbang. Sebab mengeluh biasanya memang bikin lapar. Kuliner yang satu ini sering saya jumpai di rumah. Bisa dikatakan ini masakan rumahan. Tetapi masakan rumah yang akan saya temukan di kampung saya. Bukan rumah yang sekarang saya tempati. Sejak kecil gulai santan sayur yang satu ini memang selalu menggoda selera.

Potongan batang pisang yang bagian dalam dan muda memang enak sekali dimasak dengan santan dan berbagai bumbu seperti bawang merah, bawang putih, jahe, kunyit, lengkuas, serai, ketumbar, adas manis, jintan putih, kayu manis, kapu laga, kemiri, cabai kering, dan tambahan bumbu lainnya serta penyedap. Ada juga yang menyediakan gulai batang pisang ini dengan pisang muda yang kulit luarnya dikupas dengan cara diiris.

Pisang muda memang sulit dibuang kulitnya. Supaya tidak terlalu bergetah biasanya akan diiris bagian kulit luarnya. Setelah itu dipotong-potong seperti koin. Membulat namun agak tebal sehingga pisang muda tidak hancur saat dimasak. Ada juga yang memasaknya tanpa batang pisang yang masih muda itu. Mana suka, sesuai dengan selera.

Penggunaan santan yang dibuat sendiri di rumah juga membuat masakan ini menjadi istimewa. Kalau sudah terbiasa makan makanan yang dibuat dengan santan segar pasti kurang suka dengan santan kemasan instan meskipun lebih kental. Rasanya itu jauh sekali bedanya. Santan kemasan apa pun mereknya akan sulit mengalahkan kelezatan yang akan diberikan santan segar yang dibuat dari kelapa yang diparut dan diperas.

Nanti saya bagi resep Gulai Batang Pisang di sini ya!

@honeylizious

Followers