28 September 2013

Dua Generasi


Kalimantan Barat identik dengan penduduk aslinya yang memang tidak hanya ada di Kalimantan Barat. Sejak dulu memang etnis Dayak menjadi etnis yang ada di tanah Kalimantan. Bahkan sudah hal yang biasa apabila saya keluar dari Kalimantan Barat dan mampir di berbagai kota-kota yang di luar Kalimantan mendapat pertanyaan aneh-aneh. Semacam, apakah masih ada orang yang makan orang di Kalimantan Barat? Atau ada pula yang mengatakan bahwa kami tinggal di rumah-rumah pohon. Padahal peradaban masyarakat Kalimantan Barat sudah maju kok.

Semua orang sudah mengenakan pakaian pada umumnya untuk menutupi tubuh mereka. Tinggal di rumah-rumah normal dan didirikan di atas tanah. Sudah mengenal komp[or gas bahkan mall dan gramedia. Menonton film di bioskop juga bukan hal yang baru buat kami penduduk Kalimantan Barat.

Karena Kalimantan identik dengan suku aslinya, suku Dayak, maka tentu saja Festival Budaya Bumi Khatulistiwa yang diadakan sejak tanggal 26 September kemarin di museum menampilkan kebudayaan masyarakat Dayak pula. Sosok pengisi acaranya mengenakan pakaian adat khas suku mereka. Tapi ini pakaian yang hanya dikenakan pada acara tertentu. Pada hari biasa orang-orang ini juga mengenakan pakaian biasa kok.


Ini dia dua generasi dari suku Dayak yang sekarang sudah modern. Ini pakaian adat mereka. Menarik bukan?

Foto oleh Heni.

@honeylizious

Followers