5 September 2013

Di Tebas, Jeruk adalah Mutiara


Jeruk atau limau (dalam bahasa Sambas) adalah buah yang gampang sekali untuk ditemukan terutama di Tebas. Tahu jeruk Pontianak yang terkenal itu? Sebenarnya itu bukan benar-benar jeruk Pontianak. Meskipun banyak yang menyebutnya seperti itu karena jeruknya akan dibawa orang keluar dari Kalimantan Barat. Menamainya sebagai jeruk Pontianak akan jauh lebih mudah.









Padahal jeruk-jeruk itu tumbuh dan dipetik di Tebas, Sambas. Ratusan kilometer dari Pontianak. Tebas memang penghasil jeruk terbaik di Kalimantan Barat. Rasanya yang manis membuat banyak orang rela membeli banyak jeruk di Tebas dan membawanya pulang ke rumah untuk dinikmati bersama keluarga.

Saya sendiri sering membeli jeruk Tebas dan membawanya ke Pontianak. Oleh-oleh terbaik dari Tebas yang selalu dinantikan orang ya memang jeruk. Jadi sangat mudah menebak oleh-oleh yang akan ditunggu semua orang. Karena hal pertama yang akan ditanyakan orang tentu saja adalah jeruk. Mana nih oleh-oleh jeruknya?

Jangan takut harganya mahal karena harga jeruk madu yang ukurannya kecil hanya 3.000/kg dan ukuran besar 5.000/kg. Paling mudah membeli jeruk itu di gudang limau (gudang jeruk). Jeruknya sudah disortir dan sudah dapat dipastikan rasanya manis dan memang jeruk madu. Di Tebas kalau punya kebun jeruk madu dapat dipastikan akan mendulang banyak rupiah. Sebab banyak orang yang mau membelinya dalam jumlah besar.

Biasanya harga dari kebun ke gudang hanya berbeda 500 perak sehingga pembeli seperti saya tak mau repot-repot datang ke kebun dan berpanas-panasan mencari jeruk yang matang di pohon. Rata-rata jeruknya memang matang di pohon dan tenang saja, jeruk Tebas manis-manis kok.


Sudah pernah mencicipi jeruk Tebas?

@honeylizious

Followers