19 September 2013

Bola-Bola Ikan Gulai


Diri saya yang kecil dulu kalau diminta memilih dua menu, ikan goreng dan ikan gulai tentu lebih suka dengan ikan goreng. Saya tak tahu alasan pasti mengapa anak-anak lebih suka makanan yang digoreng dibandingkan yang digulai. Ada yang sudah melakukan penelitian tentang ini?

Walaupun saya kurang suka dengan ikan yang dimasak gulai bukan berarti saya menolak makan ikan yang dimasak gulai. Kalau sekarang sih tidak ada masalah. Mau ikan gulai atau goreng tetap suka. Pokoknya segala jenis ikan saya suka. Jadi waktu kecil dulu saya tetap makan ikan yang dimasak gulai kalau memang tak ada pilihan lauk yang lain. Maklum Uwan biasanya hanya menyediakan satu atau dua jenis lauk dan lebih sering hanya ada ikan gulai, sayur, dan sambal.

Ada yang menarik yang saya lakukan dengan ikan gulai yang harus saya makan dengan nasi yang sudah saya basahi dengan kuah ikan gulai tersebut. Saya tidak suka dengan ikan gulai tetapi saya selalu suka mengambil kuahnya dan membuat nasi saya berenang di dalam piring. Ikan gulai bagian saya akan saya lepaskan dari tulang lalu saya bulat-bulatkan sebesar jempol lalu saya susun di pinggiran piring.


Saat akan makan sesuap nasi saya akan mencomot satu bola ikan gulai tersebut dan memasukkannya ke mulut. Nasi yang banjir oleh kuah juga ikut masuk ke mulut saya. Saya lakukan berulang-ulang sampai nasi di dalam piring saya habis dan saya kenyang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah yang baik. Semua komentar yang masuk akan dimoderasi. (admin: Honeylizious [Rohani Syawaliah]).

@honeylizious

Followers