27 September 2013

Bepalam


Istilah bepalam sangat dekat dengan yang namanya pernikahan dan ini merupakan istilah yang ada di daerah Pantai Utara Kalimantan Barat. Di daerah Kabupaten Sambas dan sekitarnya masih menggunakan istilah ini untuk calon pengantin yang tidak boleh keluar rumah selama beberapa hari menjelang hari akad nikah dan resepsi. Bepalam dapat diartikan dipingit.

Selama bepalam, mempelai pria dan wanita akan mendapat perawatan tubuh dari ujung kaki hingga ujung rambut. Termasuk lulur dan spa. Selama dipalam, kedua mempelai juga akan berada di rumah terus. Sebenarnya istilah 'palam' atau 'pelam' alias 'peram' itu berasal dari istilah untuk menyimpan buah yang belum begitu matang. Disimpan di sebuah tempat dan tak boleh diganggu sampai masa pemeraman selesai. Itu untuk memastikan buah yang akan dimakan nantinya benar-benar matang dan manis.

Barangkali demikian juga dengan mempelai yang dipalam. Bertujuan untuk menyiapkan kedua pasangan pengantin supaya benar-benar siapa untuk mengharungi bahtera rumah tangga yang sebenarnya sebagai dua orang dewasa yang akan memimpin dan dipimpin. Tetapi secara logika sebenarnya bepalam juga sangat bermanfaat untuk menghilangkan stress kedua mempelai yang tentunya sibuk mempersiapkan pernikahan mereka. Belum lagi tubuh yang lelah. Selain itu juga berfungsi untuk menjaga aroma tubuh sang mempelai sehingga tidak membuat baju pengantin bau keringat dan selama bersanding tetap terjaga aroma tubuhnya.

Hal ini mengingat baju pengantin biasanya menyewa. Sehingga untuk menjaga hubungan baik dengan pemilik baju pengantin tentunya dengan menjaga apa yang disewa.

Bepalam juga sebenarnya untuk menghindari malapetaka yang bisa saja menimpa kedua mempelai apabila terlalu banyak keluar rumah. Apalagi sudah dekat hari pernikahan. Tentunya dua orang ini adalah orang yang paling penting sejagat raya keselamatannya sebelum benar-benar dinikahkan. Walaupun sebenarnya malapetaka bisa menimpa di mana saja tetapi setidaknya kedua belah pihak keluarga sudah cukup waspada dengan memeram dua mempelai di rumah saja.


Sudah siap bepalam?

@honeylizious

Followers