20 September 2013

Belum PNS, Belum Bekerja (2)?


Siapa yang di dunia ini memiliki orang tua yang tujuan membesarkan anaknya hanya untuk menjadi PNS? Dibidang apa pun itu. Kemudian beranggapan bahwa ketika anaknya belum menjadi PNS sama saja belum bekerja?

Akhir-akhir ini memang sedang ada pembukaan penerimaan PNS di Kalimantan Barat. Informasi lengkap tes CPNS-nya saya sendiri kurang tahu karena memang tidak pernah terpikir untuk menjadi PNS atau menjadi guru. Selama ini saya hanya berpikir untuk menjadi seorang istri yang tetap bisa menghasilkan uang dari rumah. Berapa pun itu. Bukankah kodrat perempuan adalah menjadi seorang istri yang selalu ada di rumah? Siap menyambut suaminya pulang bekerja dan merawat anak-anaknya?

Banyak orang tua yang anak-anaknya saya kenal sangat memprioritasnya kehidupan mereka untuk mengejar jabatan menjadi PNS. Tak ada yang salah dengan itu. Semua orang punya hidupnya masing-masing. Namun yang saya kasihan adalah anak-anak mereka yang kemudian harus melupakan impian mereka sebelumnya dan mengabdikan kehidupannya pada negara. Menjadi abdi negara dan pelayan masyarakat. Itu tanggung jawab yang sangat besar.

Saya sendiri tak sanggup untuk memikulnya. Pertanggungjawabannya pada Tuhan lain lagi ceritanya. Beruntungnya saya, meskipun ibu saya seorang guru dan tentu saja PNS, tidak pernah saya dituntut untuk menjadi seperti yang mereka inginkan. Hingga hari ini mereka membebaskan saya untuk menjadi apa yang saya mau. Menjalani kehidupan seperti yang saya inginkan.


Selama saya bisa bertanggung jawab dan tak menyusahkan mereka, saya pikir itu sudah cukup buat mereka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah yang baik. Semua komentar yang masuk akan dimoderasi. (admin: Honeylizious [Rohani Syawaliah]).

@honeylizious

Followers