13 September 2013

Belajar Membuat Template Blogspot (Blogger)


Masih banyak hal yang tak diketahui tentang template blogger. Apalagi untuk yang tidak berkutat penuh di dunia design template blogger. Template blogspot atau blogger memang menarik sekali (khususnya bagi saya sendiri) untuk dikulik lebih jauh lagi. Selalu ada hal-hal baru yang menyenangkan untuk digali tentang pembuatan sebuah template. Cara paling mudah untuk belajar membuat template bagi saya sendiri rasanya adalah dengan membuka semua html dan CSS yang membangun sebuah template.

Kode-kode yang harus dipahami dan diterapkan untuk membuat sebuah template. Ada banyak lagi yang harus saya perhatikan untuk menguak rahasia terbesar dalam pembuatan sebuah template. Pasti ada unsur-unsur template premium yang tidak ada pada template gratisan. Saya harus lebih teliti lagi kalau memang ingin tahu tentang template dan syukur-syukur bisa membuatnya. Setidaknya saya pikir dengan mengawinkan beberapa bagian pada template-template yang sudah saya bongkar habis. Mutilasi. Hal tersebut bukanlah hal yang mustahil.

Satu hal yang belum saya kuasai adalah adobe photoshop yang ternyata sangat berguna dalam pembuatan template sendiri. Seharusnya memang saya belajar langsung pada designer template untuk memahami cara pembuatan template. Khususnya untuk bagian-bagian yang saya ingin ada perbedaan mencolok dengan template blog lain.

Lebih jauh lagi designer template ternyata bisa menghasilkan lebih banyak uang. Bahkan dalam bentuk dollar. Ini tentu sangat menggiurkan dan bisa jadi permulaan sebuah usaha yang baru. Awalnya barangkali akan menjadi hal yang sangat sulit untuk dipahami. Bisa jadi membosankan dan butuh waktu yang panjang. Tapi belajar memang butuh proses bukan? Proses untuk memahami satu demi satu bagian hingga akhirnya satu kesatuan yang utuh.

Tak ada yang tak mungkin di dunia ini selama kita mau berusaha. Sebab ngeblog dulunya juga sesuatu yang sangat sulit buat saya sendiri. Sempat terbengkalai blog pertama saya gara-gara saya tak bisa memasukkan gambar di sana. Lucu ya? Padahal itu adalah hal yang sangat mudah, tapi tentu di luar sana masih banyak orang lain yang akan mengatakan hal tersebut adalah sulit. Sama seperti saya pertama kali saat mencobanya.

@honeylizious

Followers