24 September 2013

Batik Khas Kalbar


Batik khas Kalbar, Kalimantan Barat motifnya mirip dengan beberapa motif batik Kalimantan yang lain. Motif batik dayak. Ini memang motif batik Kalimantan Barat yang lebih dulu muncul dibandingkan batik Tidayu. Masih ingat dengan batik modern yang muncul beberapa tahun belakangan? Coraknya tidak hanya mengedepankan motif dayak melainkan motif tiga etnis utama yang ada di Kalimantan Barat.


Etnis tersebut adalah Tionghoa, Dayak, dan Melayu. Sehingga dari tiga nama etnis tersebut diciptakan nama batik yang baru. Motif batik Tidayu (ti = tionghoa, da = dayak, dan yu = melayu). Banyak warna dan corak yang dibuat oleh masyarakat Kalbar yang merupakan pengrajin kain batik. Dibandingkan corak yang lama memang corak Tidayu jauh lebih menarik dan tak biasa. Ada tiga budaya yang terpancar dari sana. Apalagi dengan bahan yang berwarna hitam, corak batik dituliskan dalam tinta emas yang membuat bahannya terlihat mewah dan menggoda.


Sementara ini baru punya satu dress panjang dengan motif tidayu. Semoga nanti bisa mengoleksi lebih banyak lagi pakaian denga motif tidayu yang lain. Memang batik itu sangat cantik khususnya yang motif Kalbar, sangat sesuai dengan selera saya yang ingin menemukan motif batik yang tak biasa. Motif Tidayu sendiri ada gambar kipas (etnis Tionghoa), tameng (etnis Dayak), dan bunga pucuk rebung (etnis Melayu).

batik-tidayu


Sebenarnya motif bunga pucuk rebung dulunya digunakan pada kain tenun Melayu Sambas yang disebut dengan kain lunggi. Sekarang masih tetap digunakan untuk kain tenun tetapi karena kain tenun harganya sangat mahal, bisa 10kali lipat dari harga kain batik Tidayu, jadinya saya lebih memilih untuk membeli kain batik Tidayu dan membuatnya menjadi dress yang cantik.

@honeylizious

Followers