29 September 2013

Bakso Telur Asin Pontianak






Di Indonesia pedagang bakso sepertinya tak kehabisan akal untuk membuat bakso yang mereka jual menjadi sesuatu yang menarik. Memiliki nilai lebih dan berbeda dari bakso pada umumnya. Karena bulatan daging biasa sudah terlalu mainstream. Ada yang mengisi baksonya dengan telur puyuh dan jadilah namanya Bakso Telur Puyuh. Kurang besar? Ada yang mengisinya dengan telur ayam rebus yang sangat besar. Lalu ada yang baru saja saya coba. Bakso telur asin.


Bakso ini sebenarnya bukan bakso telur asin namanya melainkan Bakso 31. Letaknya di Jalan Purnama. Buat yang belum pernah datang ke Pontianak atau baru saja menetap di Pontianak tentunya menemukan Jalan Purnama bukanlah hal yang mudah. Tapi siapa sih yang tidak tahu Jalan A. Yani? Dekat museum ada Jalan Sutoyo, nah masuk saja dari jalan tersebut hingga tiba di persimpangan di ujung kanan Jalan Sutoyo. Di sana tertulis Jalan M. Sohor kalau lurus, di persimpangan itu belok kiri saja. Jalan itu yang disebut Jalan Purnama dan lebih banyak menyebutnya sebagai Purnama saja. Sebelum menemukan Bakso 31, kita akan menemukan Warung Seulanga, tempat langganan saya makan Mie Aceh yang ternama itu.


Sudah sampai? Kita bisa memesan varian bakso yang tersedia dengan tambahan bakso telur asin yang dijual 5.000/butirnya. Jadi bakso telur asinnya tidak disediakan dalam satu porsi utuh melainkan hanya menu tambahan untuk pilihan bakso dari menu yang disediakan. Karena penasaran saya mencoba satu buah bakso telur asin. Telur asin dan bakso adalah dua jenis makanan terfavorit saya dari banyak makanan favorit saya di dunia ini. Dapat dibayangkan bagaimana ceritanya dua makanan yang paling saya suka digabung menjadi satu. Enak pula rasanya.

Saya memesan semangkok bakso sapi biasa 11.000IDR dan sebutir bakso telur asin 5.000IDR. Jadi semangkok bakso yang saya makan adalah 16.000IDR sudah termasuk tambahan bakso telur asinnya. Takut baksonya keasinan? Jangan takut karena yang dimasukkan di dalam bakso adalah bagian kuning dari telur asin bebek. Bagian putihnya yang sangat asin itu sudah dipisahkan. Sehingga rasa baksonya menjadi semakin gurih dengan kuning telur asin di dalamnya.


Bakso 31 juga tidak membuat bulatan bakso yang biasa saja. Bulatannya terasa dagingnya. Jadi tidak dominan tepung. Bahkan saat dikunyah maih terasa serat daging yang sudah agak halus karena mesin penggiling. Ini bakso kesekian yang harus saya akui enak, sangat enak. Ada rencana untuk kembali ke sini kalau ingin makan bakso lagi. Selain dekat dari Radio Volare, harga terjangkau, rasa baksonya memang mantap.


Related Posts

Bakso Telur Asin Pontianak
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.