11 September 2013

Bagaimana Kalau Kehabisan Ide Menulis?


Siapa bilang seseorang yang bisa menulis setiap hari tak kehabisan ide? Bisa kehabisan kalau tidak segera diisi. Tapi bedanya seseorang yang  bisa mengisi kotak idenya setiap hari hingga penuh akan selalu terlihat seperti orang yang tak pernah kehabisan ide. Memang bisa dikatakan orang tersebut tak pernah kehabisan ide untuk menulis karena dia dengan segera mengisinya kembali. Jadi sebenarnya beda orang yang selalu kehabisan ide dengan orang yang tak pernah kehabisan ide sangat tipis.

Orang  yang sering kehabisan ide suka tidak mengisi kotak idenya yang sudah kosong dengan ide-ide yang baru. Ide-ide yang baru bisa kita dapatkan dari mana saja. Dari kotak draft yang hanya kita isi dengan judul. Dari instagram yang sering kita tambah dengan foto baru. Dari twitter yang selalu ada saja kicauan yang bisa kita tuliskan di sana. Kalau bisa aktif ngetwit atau ngegram, seharusnya tak ada kotak ide yang sempat kosong dari ide menulis yang baru.

But hey! Saya menemukan cara baru untuk mengisi kotak ide yang kosong tersebut dengan menuliskan cara untuk menemukan ide baru saat kita kehabisan ide untuk menulis. Sebuah ide yang kosong saja bisa menjadi ide menulis apalagi jika memang banyak hal yang bisa kita gunakan untuk mengisi kotak ide yang kosong tersebut.

Jangan katakan kamu kehabisan ide makanya tak bisa mengupdate blog. Karena sebenarnya tak ada seorang pun yang benar-benar bisa kehabisan ide di dunia ini. Banyak sekali hal yang ingin kita ceritakan pada orang lain. Termasuk bagaimana cara kita menemukan ide untuk menulis selanjutnya.

Tulisan ini idenya ketika saya sedang mengumpulkan judul demi judul yang tepat untuk menghasilkan postingan berikutnya karena hari ini saya baru memiliki 1 tulisan di blog. Itupun tulisan yang kemarin saya tulis dan saya atur supaya terbit dini hari tadi. Yup! Banyak tulisan terbit di blog ini saat saya sedang tertidur dengan nyenyaknya. Bermimpi dengan indahnya saat memeluk bantal dan terlelap. Jangan kira saya sanggup menghabiskan seharian di depan PC hanya untuk update blog.

Satu hal yang bisa menyita waktu di depan PC hanyalah saat saya belajar caranya mengedit template. Hingga hari ini saya masih belum bisa seperti designer template lain yang bisa membuat template dengan indahnya.

Cara paling mudah saat kita kehabisan ide adalah menceritakan tentang kehabisan ide tersebut dalam bentuk tulisan dan membuatnya menjadi sebuah ide baru yang bisa dibaca banyak orang.


Keep blogging, happy writing!

Related Posts

Bagaimana Kalau Kehabisan Ide Menulis?
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.