4 September 2013

8 Hal yang Akan Kamu Temukan di Jawai

Kecamatan Jawai, Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat. Sebuah kecamatan yang harus didatangi dengan kendaraan air. Motor air yang akan membelah lautan dari Pemangkat dan menyusuri sungai yang akhirnya mengantarkan kita pada sebuah pelabuhan dan kita pun akan tiba di Jawai. Sekarang saya merangkum 5 hal yang akan kamu temukan di Jawai. Kalau kamu sendiri pernah datang ke sini, jangan takut untuk meninggalkan komentar dan menyebutkan hal-hal yang belum saya sebutkan yang bisa kamu temukan di Jawai.
  1. Desa dan pantai
    Setiap desa yang ada di Jawai punya pantainya masing-masing. Meskipun tak semua pantai itu terkenal dan banyak pengunjungnya seperti Pantai Jawai. Tapi di sini kita dengan mudahnya menemukan pantai di desa yang kita datangi.
  2. Bahasa mirip bahasa Betawi
    Bahasa melayu Sambas itu ada beberapa bagian yang mirip dengan bahasa Betawi. Seperti penggunaan 'e' taling pada bagian akhir beberapa kata seperti 'ape' (apa) 'ke mane' (ke mana) dan masih banyak lagi yang lainnya.
  3. Makanan laut
    Karena daerah Jawai adalah daerah pantai utara, makanan laut adalah hal yang lumrah ditemukan di sini. Udang, kepiting, dan cumi-cumi akan banyak sekali di pasar ikan dengan harga yang relatif terjangkau bahkan pada beberapa jenis ikan, sangat murah.
  4. Mengenakan helm = aneh
    Saya sendiri saat berkendara sudah terbiasa menggunakan helm. Tapi penduduk di Jawai sudah terbiasa tidak mengenakannya sehingga saat saya memakai helm itu menjadi hal yang sangat aneh. Mereka akan komentar bahwa tak ada razia kok hari itu. Padahal mengenakan helm bukanlah untuk menghindari razia melainkan menjaga keselamatan kita sendiri.
  5. Ben (music band)
    Hiburan di kampung, Kecamatan Jawai adalah 'ben'. Ben sendiri mirip dengan band musik yang memiliki peralatan musik dan penyanyi. Tapi memang penyanyinya adalah penyanyi dangdut. Kebanyakan perempuan yang mengenakan pakaian seksi. Penyanyinya tidak hanya satu orang tapi beberapa. Semua lagu dinyanyikan secara live, bukan lipsync.
  6. Tanjidor
    Pesta pernikahan di Jawai, biasanya ada hiburan berupa tanjidor. Lengkap peralatan musiknya yang akan memainkan lagu-lagu yang sedang ngetrend dan tentu saja dangdut.
  7. Pesta pernikahan di Jawai biasanya juga ada acara makan besaprah. Makan dalam satu lingkaran terdiri dari beberapa orang. Biasanya 6.
  8. Tarup
    Bangunan sementara yang dibuat orang pada saat pesta pernikahan adalah tarup. Ini untuk menampung tamu undangan pada pesta pernikahan yang akan makan bersama.


Itu dia 8 hal yang akan kamu temukan di Jawai versi Honeylizious.

@honeylizious

Followers