2 September 2013

5 Fakta Tahu Sumedang di Pontianak


Berapa harga tahu sumedang goreng di tempatmu? Di Pontianak harganya sejak pertama kali saya beli selalu sama. Hingga hari ini. Saat kedelai kabarnya sudah naik. Pertama kali membeli harganya 10.000/lusin, sekarang juga masih harga tersebut yang berlaku.

Iseng saya ngobrol dengan pedagang tahu sumedang yang mangkal di rumah makan padang Simpang Ampek di Jl. Ahmad Yani dekat Jl. Parit Haji Husin 1. Sangat mengejutkan beberapa fakta yang saya dapatkan dari ngobrol 10 menit tersebut. Kebetulan ada yang borong tahu sumedang yang sudah selesai digoreng sehingga saya harus menunggu tahu sumedangnya digoreng lagi.

Faktanya sebagai berikut.
  1. Pemilik asli tahu sumedang
    Pemilik asli tahu sumedang tidak ada di warungnya. Pemilik tahu sumedang sendiri tidak hanya memiliki warung-warung tahu sumedang yang sering saya datangi. Jl. Johar dan Jl. Ahmad Yani yang saya tahu pemiliknya sama. Tak tahu apakah dia masih membuka cabang lagi di tempat lain. Selain warung tersebut, pemilik tahu sumedang juga punya pabrik tahu sumedang. Jadi dia benar-benar dapat untung dari tahu sumedang itu dari mentahnya sampai matengnya.


  2. Harga mentah dan mateng
    Jangan beli tahu yang mentah, mengapa? Karena harga mentah dan mateng sama saja. Yap! 10.000/lusin. Jangan harap bisa mendapat harga miring karena tahunya masih mentah. Mereka tidak takut tahunya tidak akan habis jika mereka tidak menjual yang mentah, karena tahu mereka laris, sangat laris. Bahkan jangan pula berharap bisa membeli lebih dari setengah papan. Satu papan isinya 100 potong tahu. Penjaga warung tersebut tidak diizinkan untuk menjual satu papan tahu mentah kepada orang lain.


  3. Gas yang habis
    Tahu berapa tabung gas yang habis? Sehari mereka paling tidak menghabiskan 6 tabung gas yang isinya setiap tabung itu 3kg. Total mereka menggunakan 18kg gas setiap harinya.


  4. Tahu yang habis
    Tahu yang habis dalam sehari itu sekitar 30 papan. Berarti 3.000 potong tahu. Hebat ya! Lari ke mana semua tahu tersebut yang jumlahnya mencapai ribuan?


  5. Penjaga warung tahu sumedang
    Penjaga warungnya sendiri adalah orang yang didatangkan dari Jawa dan ditugaskan untuk mengerjakan semua pekerjaan yang dibutuhkan untuk menjual tahu sumedang.



Itulah 5 fakta tahu sumedang di Pontianak. Apa fakta tahu sumedang di tempatmu?
 

Rohani Syawaliah Template by Ipietoon Cute Blog Design