Langsung ke konten utama

Selly: Desa Tangga Emas, Kabupaten Sambas


Usianya 10 tahun. Pertama kali saya mengenalnya itu 5 tahun lalu, saat dia bahkan belum sekolah. Sejak dulu dia memang sudah dilahirkan sebagai anak yang sangat manis. Pintar berenang dan mengayuh sampan. Tinggal di Desa Tangga Emas memang mengharuskan dirinya untuk menjadi seorang pengayuh yang handal. Sebab dia harus menyeberangi sungai untuk tiba di sekolah. Sedangkan untuk menggunakan jembatan jarak yang harus ditempuh terlalu jauh. Sedangkan dengan menyeberangi sungai Selly hanya membutuhkan 10-15 menit untuk sampai di sekolahnya.


Dari tempat dia menambatkan perahu dia hanya membutuhkan 5 menit jalan kaki untuk tiba di sekolahnya. Jarak yang tidak begitu jauh bukan? Tapi tentu saja menyeberangi sungai bukan tanpa risiko. Kadang, Selly harus mengayuh saat sungai dalam keadaan air pasang dan arus yang deras. Hal tersebut membuat dirinya harus bisa berenang seperti anak-anak lain sehingga dia tidak perlu takut tenggelam apabila perahu kecilnya karam.

Perahu yang Selly gunakan memang kecil untuk memudahkan ia mengayuhnya. Apabila perahu yang digunakan terlalu besar itu akan menyulitkan tangan kecilnya menggerakkan perahu atau sampan. Tangga Emas, sebuah desa yang masih termasuk kecamatan Tebas, Kabupaten Sambas. Semua penduduk punya perahu pribadi masing-masing di desa ini. Karena jalan raya ada di seberang, di Desa Perigi Maram.

Perigi Maram, 5 tahun lalu adalah desa yang saya datangi dengan 5 teman kuliah saya di FKIP Universitas Tanjungpura untuk menjalankan amanat dari kampus dan memberantas buta aksara. Padahal desa ini tak jauh dari Kota Sambas. Tapi masih banyak orang yang putus sekolah, tak hanya putus saat SMA atau SMP, banyak yang tak selesai sekolah dasar. Sehingga mereka tidak bisa membaca.

Perempuannya banyak yang menikah di usia muda. Beberapa perempuan kecil yang saya kenal dulunya juga sekarang sudah beberapa yang memiliki anak. Dalam waktu 5 tahun begitu banyak hal yang terjadi. Selly, saya harap setidaknya bisa menyelesaikan sekolahnya di SMA. Sekarang dia masih duduk di bangku kelas 3 SD. Anak semanis itu. Akankah dia mengenal lelaki secepat anak-anak lain yang masih SMP? Lalu memutuskan tak melanjutkan sekolahnya ke SMA? Lalu menikah di usia yang masih sangat muda?


Pesan saya hanya 1 sebelum saya pulang. Selesaikan sekolahnya sampai SMA. Jika memang ingin kuliah di Pontianak dan bingung cara mendaftarnya, saya pikir saya siap membantunya. Tapi jangan kandaskan sekolah di usia yang terlalu belia. Masih banyak hal yang ingin saya perlihatkan padanya di dunia. Dunia ini masih luas. Jangan hanya berhenti di Desa Tangga Emas, Selly.

Postingan populer dari blog ini

Video dan Lirik Lagu Kamil Onte ft taZki Acapella - Yok Idop Sehat

Musik adalah bahasa yang universal. Lewat lagu kita bisa menyampaikan banyak hal. Tidak hanya mengumandangkan cinta dan lara. Tapi juga nasihat-nasihat baik yang berguna bagi banyak orang terutama masyarakat di sekitar kita. Seperti lagi Yok Idop Sehat ini yang memang dibuat untuk menghimbau orang supaya menjalani hidup yang sehat. Lengkap dengan tips yang bisa kita lakukan untuk menjalankannya.  Lagunya tidak hanya menghibur namun juga bisa untuk mengingatkan kita bagaimana hidup sehat yang seharusnya. Bukankah kesehatan adalah segalanya. Tanpa kesehatan kita tidak bisa beraktivitas dan produktif. Yok idop sehat. Yok Idop Sehat Hei buda' buda', saye punye cerite Cerite tentang hidup sehat bagaimane Rajin olahraga stamina tetap terjage Ayok kite semue jadi warge sehat sentose.. . Reff : Makan buah & sayuran dan cek kesehatan Jangan sampai kite saket kedolo'an Marilah kite terapkan same-same Agar kite tetap sehat semuenye Diri saye

Hati-Hati Belanja di Tokopedia Pakai AnterAja

Selama ini saya selalu puas belanja di berbagai marketplace yang ada di Indonesia termasuk di Tokopedia. Karena selama ini pengirimannya yang saya gunakan ya itu-itu saja. Kalau nggak JNE ya JNT. Pernah juga menggunakan SiCepat. Sudah lama sekali tidak berbelanja di Tokopedia dan saya bulan ini ingin beli kamera dan di Tokopedia saya menemukan kamera yang saya inginkan.  Prinsip saya begitu order langsung bayar supaya barang cepat sampai. Saya tidak sadar kalau pengiriman yang default di aplikasi adalah ekspedisi AnterAja. Tidak pernah menggunakan dan baru dengar. Karena saya pikir memang AnterAja melayani sampai ke Pontianak ya nggak ada masalah dengan pengirimannya. Sampai akhirnya saat tulisan ini saya posting, paket kamera yang saya beli tak kunjung sampai. Googling sana-sini. Buka twitter buat komplain hingga akhirnya menemukan banyaknya orang yang komplain dibandingkan puas dengan layanannya dan bahkan review di google juga jelek. Banyak sekali yang memberikan bintang satu. Terma

Gokusen: Yankumi, Cucu Yakuza yang Impiannya Menjadi Guru

http://aki-ojou.blogspot.com Beberapa hari yang lalu mendapat tambahan koleksi film serial Jepang dari Mister Achan. Satu di antaranya Gokusen. Bisa dikatakan ini mirip dengan Great Teacher Onizuka. Perbedaannya pada konsep dasar dan pemeran utamanya. Siapa yang menjadi guru yang akhirnya disayangi oleh murid nakalnya.