29 Agustus 2013

JKT48 yang Mana Lagu Sendiri?


Sudah tahu dengan JKT48 dong. Atau belum tahu sama sekali? Itu lo idol grup yang dibuat oleh orang Jepang. Awalnya di Jepang ada AKB48. Lalu di Indonesia dibuat saudaranya, JKT48. Lagu-lagunya juga banyak yang merupakan lagu dari AKB48 yang diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia. Konsepnya juga serupa sih. Ada teaternya. Banyak remaja perempuan yang berwajah manis dan menari-nari diiringi lagu.

Saya bukan fans dan bukan pula haters. Saya hanya satu di antara banyak orang yang menikmati konsep hiburan dari JKT48. Tetapi memang versi Jepangnya lebih sreg kalau soal lagu. Soalnya lagunya memang aslinya berbahasa Jepang. Namun saya tidak tahu pasti mana saja lagu yang saduran dari AKB48. Saya tidak akan menyebutnya plagiat karena mereka memang 'satu perusahaan' kan? CMIIW...

Cuma dari banyak lagu yang mereka tampilkan itu semuanya lagu saduran dari AKB48 yang diterjemahkan ke bahasa Indonesia. Tariannya juga saduran dari AKB48. Sekali-kali kepengen liat konsep JKT48 yang tidak disadur dari AKB48. Pengen liat pakaian mereka bukan 'seragam sekolah' Jepang yang kayak di manga yang sering saya baca. Kepengen juga liat mereka menyanyi diiringi alat musik tradisional Indonesia.


Pasti jadinya lebih Indonesia dan lebih menyenangkan lagi jika konsepnya berbeda dengan AKB48. Yah, masalah konsep tentu kita tak bisa mengatur karena mereka sendiri sudah punya manajemen. Ini hanyalah suara hati seorang penikmat AKB48 dan JKT48 yang suka sekali dengan lagu Jepang.

@honeylizious

Followers