29 Agustus 2013

I Am Blogger, Full Content Maker


Mengutip tulisan Mas Joko.

Blogger fase Full Content Maker. Blogger tipe ini kegiatan mencari dan membaca informasi sudah terbatas pada Membaca Sintopikal saja. Yaitu membaca untuk keperluan menulis saja. Dan dominasi menyerap informasinya lebih terfokus dan cenderung lebih rendah dari waktu membuat content di blog itu sendiri. Artinya, dalam fase ini sang narablog boleh dibilang sudah tidak perlu banyak blogwalking kesana-kemari hanya untuk mencari bacaan apalagi untuk tujuan trafik dan memburu komentar balik, tapi lebih fokus di blognya sendiri. Kalaupun masih blogwalking itu pun sekedar buat relationship atau pertemanan saja.

Ah tulisan ini karena saya kangen saja dengan tulisan beliau yang merupakan sahabat pertama saya di blog. Waktu itu saya masih menulis di blog gratisan dan dialah tempat saya bertanya banyak sekali hal. Entah-entah dia merasa saya sangat menyebalkan dengan banyak pertanyaan padanya. Entahlah, tapi dia selalu bersedia menjawab pertanyaan saya. Dia pula orang yang mendukung penuh novel Memamah Jantungmu waktu dicetak untuk pertama kalinya.

Ternyata di tulisan yang beliau tulis di sana saya waktu itu masih merasa sebagai blogger yang berada di fase kedua. Blogger yang aktif ngeblog dan blogwalking. Waktu itu memang saya masih baru sekali ngeblognya. Masih ingin berkenalan dengan banyak orang dan waktu senggangnya banyak dibandingkan sekarang. Kadang-kadang juga suka bingung mau menulis apa di blog kalau tidak membaca.

Sekarang karena harus kejar setoran postingan mau tidak mau mengurangi membaca. Kalaupun membaca itu hanya sedikit dalam sehari. Tak sebanyak dulu yang bisa melahap puluhan postingan di banyak blog. Terutama blog yang isinya tutorial dan segala macamnya. Maklumlah saya memang bukan orang yang terbiasa dengan bidang IT. Sempat dulu kesulitan memasukkan gambar di blog. Lama-lama akhirnya bisa juga itu pun setelah bertanya-tanya pada teman-teman blogger lain.

Karena hari ini saya kangen dengan tulisan Mas Joko saya mampir lagi ke blognya dan membaca tulisan lama di sana. Menemukan komentar saya yang masih newbie itu dan rasanya ingin tertawa. Ternyata saya dulu bahasanya seperti itu. Banyak sekali perubahan yang terjadi dalam dunia online saya sekarang. Terutama dalam menyampaikan ide dan gagasan di blog.

Sekarang saya full content maker lo Mas Joko, sudah berkembang menjadi fase terakhir yang menulisnya jauh lebih banyak dibandingkan membacanya. Ternyata benar komentar yang ada di sana yang mengatakan bahwa setiap blogger akan mengalami 3 siklus tersebut bergantian. Berkembang menjadi seperti yang sekarang. Saya pikir saya akan terus berada di fase kedua karena ngeblog dan ngeblogwalking sama menyenangkannya.


Mas Joko, nulis lagi dong.

@honeylizious

Followers