28 Agustus 2013

5 Cara Membuat Pengunjung Blog Jatuh Cinta


Lama sekali rasanya saya tak membuat tulisan semacam ini. Sebenarnya ini hanya bercermin dari pengalaman pribadi saya sendiri. Bagaimana saya bisa membaca blog yang sama berulang-ulang. Setia mengunjungi blog tersebut ketika ada tulisan baru. Bahkan ada beberapa blog yang saya suka tidak menghadirkan tulisan baru pun tetap saya kunjungi. Namanya juga jatuh cinta. Mengulang 'kenangan lama' dengan membaca tulisannya pada masa lampau juga tetap menyenangkan.

Ada beberapa hal yang bisa membuat seseorang jatuhcinta pada sebuah blog silakan simak paparannya berikut ini.

  1. Konten yang menarik
    Masalah menarik adalah sesuatu yang ditandai dengan selera. Sehingga kita tak bisa mengatakan menarik bagi kita sudah tentu menarik bagi orang lain. Carilah benang merah yang menyatukan sebagai orang. Karena kita tak bisa berharap semua orang akan jatuh cinta dengan blog kita. Kita harus tahu dulu siapa yang ingin kita buat jatuh cinta. Cari tahu apa yang bisa membuatnya jatuh cinta. Buatlah sebagaian orang benar-benar senang dengan tulisan kita. Tak perlu sebuah tulisan yang menyenangkan semua orang tapi dalam kadar yang sedikit saja.

    Seperti di Radio Volare, kami selalu diingatkan untuk mengetahui dengan baik tipe pendengar tiap program. Terutama yang kami bawakan sendirian. Tipe pendengar seperti apa yang ingin kita buat menyalakan radio tersebut saat kita bersiaran.

    Mengenali mereka tentunya akan membuat kita tahu apa yang mereka butuhkan. Kita juga tahu konten seperti apa yang menarik buat mereka. Lagu apa yang cocok untuk mereka simak dan informasi apa saja yang bisa bermanfaat untuk mereka.

  1. Perlakukan mereka seperti teman
    Seberapa banyak orang yang berkunjung ke blog kita setiap harinya tapi hanya mampir sebentar. Jangankan untuk meninggalkan komentar. Membaca tulisan yang kita hadirkan sampai selesai pun bisa jadi dia keberatan. Barangkali kita terlalu memberi jarak dengan mereka. Bahasa yang kita pergunakan terlalu formal, dan kurang ramah. Bisa jadi juga terdengar seperti robot buat mereka. Tentu saja blog personal harus menanggalkan formalitas dan lebih dekat dengan pembacanya. Seperti seorang teman yang sedang ngobrol dengan teman. Sehingga pengunjung akan senang membaca konten yang kita hadirkan. Meskipun hanya sekadar sebentuk gambar dengan sepotong judul di atasnya tanpa isi tulisan lain.

  2. Berikan sesuatu yang lebih
    Banyak tulisan di blog ini yang muncul karena permintaan seseorang. Seseorang yang bertanya dan rasanya saya lebih baik menjawabnya dalam postingan sehingga jawaban yang saya berikan tak hanya bermanfaat bagi dirinya. Tapi juga bagi orang lain yang membacanya. Siapa tahu ada orang lain yang punya pertanyaan yang sama tapi malu untuk menanyakannya secara langsung. Memberikan kelebihan seperti ini membuat pengunjung merasa istimewa. Tapi memang saya menjawab semua pertanyaan itu dalam postingan bukan karena ingin pengunjung tersebut menjadi pembaca setia. Saya hanya ingin menunjukkan padanya bahwa saya mendengar pertanyaannya dan bisa membalasnya dalam bentuk postingan. Seberapa banyak blogger yang mau melakukan hal seperti ini? Saya rasa tak banyak, jadi berbanggalah apabila bisa menjadi satu di antara yang sedikit itu.

  3. Balas komentar yang masuk
    Balaslah setiap komentar yang muncul di postingan. Pengunjung tentunya tak senang apabila kita cuek dengan komentar mereka. Kita sama-sama manusia. Tak ada salahnya menyempatkan diri untuk membalas komentar yang masuk tersebut. Beda cerita kalau komentarnya sehari ribuan bahkan jutaan. Tentu akan sangat melelahkan. Tapi kalau masih memungkinkan luangkan sedikit waktu untuk menghargai komentar yang diberikan pengunjung tersebut.

  4. Kunjungi blog pengunjung
    Tak dapat dipungkiri sebenarnya blogwalking yang dilakukan oleh blogger satu di antara tujuan yang bisa jadi tak disadari adalah mendapatkan kunjungan balik. Entah dari blog yang sudah mereka kunjungi atau dari pengunjung lain yang mengklik tautan menuju blog pengunjung pertama tersebut. Sesekali, saat ada waktu balaslah kunjungan blogger yang sudah berkunjung ke blog kita sehingga mereka merasa ada komunikasi dua arah di antara kita dan dia. Bukan hanya dia yang membaca tulisan kita di blog tapi kita juga tak keberatan untuk membaca tulisan mereka di blognya.


Bisa jadi traffik di blog kita menurun karena kita tak mampu membuat pengunjung jatuh cinta dengan blog kita. Tujuan utama ngeblog memang berbagi dengan menulis. Tapi apabila tak ada yang membacanya siapa yang akan mendapatkan manfaat dari tulisan tersebut selain kita? Yuk buat pengunjung jatuh cinta dengan blog kita dan carilah blog yang membuatmu jatuh cinta dan menjadi pengunjung setia.

@honeylizious

Followers