28 Agustus 2013

3 Kekurangan dan Kelebihan Akun Paypal yang Diverifikasi Menggunakan Buku Tabungan

Sudah verifikasi akun paypalnya menggunakan buku tabungan seperti saya? Kabarnya sih terakhir tahun 2011 paypal memberlakukan verifikasi menggunakan buku tabungan dan KTP. Jadi masih ada verifikasi akun paypal secara manual. Kirim surat elektronik yang isinya scan KTP dan buku tabungan. Sisanya menunggu kabar dari pihak paypal sendiri.

Tentu saja akun yang diverifikasi manual punya kelebihan dan kekurangannya. Supaya lebih enak kita bahas dari kekurangannya.

  1. Tidak bisa langsung digunakan berbelanja
    Ini tentu saja menjadi kelemahan utama akun paypal yang diverifikasi menggunakan buku tabungan dan KTP. Tidak ada isinya di dalam sana. Jadi saldo akan nol dan tidak bisa memotong uang di tabungan kita secara otomatis. Buku tabungan dan KTP hanya untuk memastikan keaslian identitas kita sehingga apabila ada masalah dikemudian hari paypal bisa memastikan siapa orang yang memiliki akun tersebut. Saat akun sudah diverifikasi menggunakan buku tabungan dan KTP jangan lupa untuk membeli saldonya dari penjual yang terpercaya dan baru bisa berbelanja dengan akun paypal tersebut.

  2. Tidak bisa membeli domain yang membutuhkan verifikasi kartu kredit
    Beberapa bulan yang lalu ada seorang teman yang ingin membei domain dan hanya bisa dibayar menggunakan paypal. Sayangnya nih domain tersebut membutuhkan paypal yang telah diverifikasi dengan kartu kredit sehingga akun paypal milik saya tidak bisa digunakan untuk membeli domain tersebut. Kemudian teman saya bisa membeli domain menggunakan akun paypal yang diverifikasi menggunakan VCC.

Sementara hanya itu kekurangan yang saya rasakan saat menggunakan paypal yang diverifikasi menggunakan buku tabungan. Kelebihan akun paypal yang diverifikasi menggunakan buku tabungan dan KTP yang paling mencolok bagi saya seperti dibawah ini.

  1. Tidak mudah dikuras
    Karena akun paypal ini tidak terkoneksi dengan rekening bank yang kita gunakan untuk verifikasi tentu saja isi saldo di dalam rekening kita tidak akan mudah dikuras oleh orang yang berhasil membobol akun paypal kita. Kalaupun dia bisa menggunakan isi saldo kita, isinya juga terbatas. Saya sendiri tak pernah menyisakan lebih dari 100USD. Karena saya hanya mengisi sedikit saldo saya tiap minggunya untuk bertransaksi di paypal. Dan kalau ada orang yang menggunakan isi saldo tersebut dari IP yang berbeda dari biasanya dan transaksinya dicurigai biasanya paypal akan memblokir akun tersebut dengan memberlakukan limit. Sehingga bisa masuk ke akun tapi tak bisa bertransaksi. Nantinya kita bisa mengirimkan scan buku tabungan atau KTP untuk membuka limitnya dan membatalkan transaksi yang dilakukan oleh orang yang membobol tersebut.


Bagaimana? Ada tambahan?

@honeylizious

Followers