20 Juli 2013

Review Kuliner: Bawang Merah Bakar

Siapa yang suka makan bawang merah yang dibakar? Dulu waktu masih kecil saya diperkenalkan pada panganan yang satu ini. Seingat saya di rumah saudaranya kakek saya, ada acara kenduri besar. Semua orang sibuk memasak. Saya biasanya menemani nenek yang juga sibuk membantu orang memotong sayuran atau bawang.


Nah waktu itu saya yang kelihatan ingin ngemil bingung mau makan apa. Sebab masakan belum ada yang matang. Tak mungkin saya merengek-rengek pada nenek. Tapi saya tetap saja ingin makan sesuatu dan saudara kakek saya yang punya hajatan langsung melempar beberapa butir bawang merah ke dalam bara yang menyala di atas tungku. Dia meminta saya menunggu bawang merah itu matang. Kadang selain mendapat bawang merah bakar, saya juga diizinkan melempar hati ayam atau ampela yang sudah dibersihkan dan diberi garam.

Kami, saya dan anak-anak lainnya yang juga dibawa ke kenduri tersebut akan menggunakan tempurung kepala yang banyak sekali di bawah meja yang dijadikan tungku, untuk menempatkan hati bakar, ampela bakar, dan tentu saja bawang merah bakar. Lalu menikmatinya bersama-sama.

Ternyata masa kecil saya banyak sekali menyimpan kesenangan yang tak begitu saya ulang di dalam ingatan. Kali ini saya mengenangnya kembali dalam tulisan sehingga saya tak melupakannya dan bisa membagi cerita ini dengan anak cucu saya nantinya.

Bawang merah yang dibakar itu hangat dan manis rasanya di dalam mulut saya yang kecil. Kami sibuk meniup-niup bawang yang masih mengepulkan asap. Mengupas kulit yang masih tersisa. Ada bagian yang lembut dan ada juga yang sudah renyah sekali.

Sudah belasan tahun berlalu sejak terakhir kali saya menikmati bawang merah yang dibakar di tungku. Sekarang saat mengenangnya kembali saya baru sadar betapa saya merindukan masa-masa itu. Walaupun hidup tanpa listrik, tanpa ponsel, dan rambut yang sangat tipis di kepala. Saya bisa tertawa terbahak-bahak setiap harinya bersama keluarga besar saya.


Bawang merah bakar itu juga saya rindukan.

Related Posts

Review Kuliner: Bawang Merah Bakar
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.