23 Juli 2013

Mencari Inspirasi Bukan Menunggu Inspirasi


Setelah menjalani tantangan 'ngeblog sesuai jumlah bulan' akhirnya saya sadar bahwa memang saya tak bisa benar-benar menunggu inspirasi untuk datang menghampiri saya untuk menulis. Setiap hari saya hanya punya 24 jam dan saya menyiapkan 2-3 jam sehari untuk menulis dan memublikasikan tulisan di blog ini. Itu waktu yang terlalu singkat untuk menunggu.


Makanya inspirasi itu memang harus dicari. Saat saya melakukan aktivitas lain biasanya saya akan menemukan inspirasi yang saya cari. Kalau tak juga muncul saya suka menghabiskan 30 menit paling tidak untuk membaca blog orang lain atau membaca twit orang mengenai sesuatu hal. Lalu berpikir apakah saya bisa mengembangkan hal tersebut menjadi sebuah inspirasi untuk tulisan di blog?

Banyak kejadian dalam kehidupan orang lain bisa jadi ada juga di dalam kehidupan kita. Misalnya jatuh cinta atau patah hati. Bisa jadi juga kehilangan orang tua atau saudara. Itu adalah hal-hal yang tidak hanya kita temukan di dalam kehidupan orang. Sedikit sebanyak kita juga mengalami hal yang sama.

Tidak perlu mengatakan tak ada inspirasi yang bisa dituangkan di blog. Kamu bukan tak menemukannya, kamu hanya tak berusaha mencarinya, makanya kamu tak menemukannya.

Menunggu inspirasi itu seperti berada di sebuah ketidakpastian di sebuah halte. Menunggu bus datang. Kalau busnya datang, kita beruntung jika masih ada kursi yang tersisa untuk kita. Bagaimana kalau kursinya sudah penuh? Bukankah lebih baik kita mencari kendaraan apa pun yang bisa kita tumpangi, bukan hanya bus, coba tahan sebuah taksi atau bajaj. Masih tak ada? Becak juga bukan pilihan yang buruk.


Semestinya demikianlah proses kita menemukan inspirasi untuk menulis di blog. Jangan pernah menunggu inspirasi itu datang, karena terkadang dia datang dalam keadaan 'terlalu penuh' atau sudah diisi orang lain.

Related Posts

Mencari Inspirasi Bukan Menunggu Inspirasi
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.