18 Juli 2013

Cara Membuat Loading Blog Menjadi Ringan


Setelah sebelumnya memeriksa kecepatan loading blog ini akhirnya memutuskan untuk melakukan beberapa perubahan supaya blog ini tidak terlalu berat untuk dibuka. Sebelum blog ini mendapatkan poin 92 sebenarnya poinnya 87. Memang sih 87 sudah angka yang lumayan tinggi. Tapi belum cukup ringan untuk dibuka. Apalagi untuk orang yang menggunakan jaringan yang lambat.

Ada beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk membuat loading blog menjadi lebih cepat dan lebih ringan.


  1. Pilih template yang ringan.
    Untuk blog yang dibuat di blogspot sebenarnya banyak sekali template yang bertebaran dan diizinkan digunakan secara gratis dan benar-benar ringan.
  2. Jangan memasang widget berlebihan
    Coba lihat lagi widget yang kita tempatkan di blog, apakah benar-benar pengunjung butuhkan atau tidak? Kalau jawabannya tidak jangan menunda untuk menghapusnya. Karena widget yang berlebihan selain membuat penampilan blog tidak rapi dan terkesan ramai membuat loading blog menjadi lambat. Pastinya pengunjung ada yang tak betah untuk menunggu terlalu lama.
  3. Jangan menggunakan gambar yang berlebihan
    Suka memajang gambar di blog? Banner-banner yang memenuhi sisi kiri dan kanan bahkan bawah? Kalau memang dibutuhkan buat halaman tersendiri sehingga hanya orang-orang yang ingin tahu akan membuka halaman tersebut.
  4. Jangan menggunakan gambar pada pointer.
    Saya pernah menggunakannya karena merasa tampilannya sangat imut dan lucu tapi lama-lama terasa mengganggu pengunjung dan juga mengganggu diri saya sendiri. Ternyata lebih baik menggunakan pointer bawaan yang sudah ada. Ini juga saran seorang teman yang tidak ingin blog saya terlalu lama loadingnya. Alhasil setelah menghilangkan pointer tersebut saat awal-awal ngeblog cukup membantu meringankan loading blog.
  5. Kurangi jumlah postingan yang ada di halaman depan.
    Ini juga penting. Kalau memang kita sehari update tulisan hanya satu lebih baik satu tulisan saja berada di halaman depan. Karena orang bisa memeriksa arsip untuk mencari tulisan yang lama. Sediakan pula kotak pencarian untuk memudahkan orang mencari artikel yang ingin dia baca tanpa perlu memeriksa arsip satu persatu. Apalagi untuk blog yang postingannya sudah banyak.
  6. Jangan Menambahkan Musik di blog
    Musik yang kita pasang di blog dan langsung menyala otomatis selain mengganggu pengunjung yang ingin membaca blog kita juga menambah beban loading berat itu sendiri. Coba ingat-ingat lagi tujuan kita menulis di blog? Apakah untuk mempromosikan lagu tersebut atau agar orang mendapatkan informasi dari blog kita? Kalau memang blog kita isinya tentang musik setidaknya jangan sampai ada lagu yang menyala otomatis saat orang mampir. Apalagi kalau di blog kita ada video-video yang mengundang rasa ingin tahu orang lain. Siap-siap lagu yang otomatis menyala dan video itu akan tabrakan suaranya.


Itu kiat dari Honeylizious untuk teman-teman yang ingin membuat loading blognya lebih cepat dan blognya menjadi lebih ringan. Saya masih belajar banyak tentang blog, jadi teman-teman yang punya kiat yang lain jangan ragu untuk meninggalkan komentar dan menambahkan kiat untuk teman-teman yang mampir ke sini.

Related Posts

Cara Membuat Loading Blog Menjadi Ringan
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.