Kekuatan Kata-Kata 1



Barangkali selama ini kita suka menuliskan apa saja yang kita rasakan di berbagai media yang tersedia di depan dunia maya kita. Semoga saja apa yang kita tuliskan tidak membuat orang lain terluka. Karena sebenarnya banyak orang yang bisa dilukai hanya dengan apa yang kita tuliskan.


Kata-kata itu bisa menjadi pedang kuat yang akan melindungi kita. Bisa jadi pula akan melukai orang lain. Itu bisa. Kekuatan kata-kata yang kita keluarkan. Tenaganya begitu sudah kita gunakan tak akan bisa kita tarik kembali. Kita memang bisa menghapus kata-kata yang kita tuliskan tetapi tetap saja tak akan menghapus kesan yang ditinggalkan.


Siapa saja yang pernah kita lukai dengan kekuatan kata-kata kita? Bisa jadi hanya satu orang yang terluka. Atau bisa jadi satu keluarga. Lebih buruk lagi kita menyakiti satu dunia.


Pernahkah kita memikirkan dampak dari apa yang kita katakan kepada orang lain? Dampaknya positifkah? Negatifkah? Kita tidak akan tahu sampai kata-kata itu benar-benar kita nyatakan. Namun setidaknya, kita bisa sedikit memprediksikan tujuan kita mengeluarkan ucapan tersebut. Jika memang tujuannya dimaksudkan untuk menyakiti orang lain bisakah kita menahannya sejenak? Kalau bisa lebih baik tidak mengeluarkannya sama sekali? Kalaupun kita tetap harus mengatakannya, bisakah kita mengatakannya secara langsung dan tatap muka? Jangan mengeluarkannya di ruang publik.


Itulah kekuatan kata-kata, saat kita mengirimkannya dalam bentuk e-mail pribadi bisa jadi kekuatannya tak sebesar saat kita menuliskannya di blog. Apalagi jika tulisan tersebut bernada atau berunsur menyerang.


Tidak semua orang kuat menghadapi kata-kata orang lain. Ada sesetengah orang yang tidak kuat menghadapinya lantas membungkam 'mulut' semua orang dengan caranya sendiri. Ada pula yang malah berbalik di dalam keputusasaan dan menyerah di dalam kehidupan.


Share:
Designed by OddThemes | Distributed by Blogger Themes