Menulis Lebih Dalam



Awalnya saya juga cemas memikirkan apa yang akan saya tuliskan di blog ini dengan menantang diri sendiri untuk menulis lebih banyak sesuai dengan urutan bulan yang ada. Dimulai dari Maret, sekarang tantanganApril sudah dijalani. Saya bukan tidak yakin dengan kemampuan saya menyisihkan waktu untuk menulis di blog ini. Tetapi yang menjadi masalah adalah berapa banyak topik yang akan mampu saya hasilkan?

Saya masih menyimpan kotak kosmetik sebagai andalan jika benar-benar kelimpungan menghadirkan sesuatu di blog ini. Sekarang masih aman sih, ternyata saya masih belum kehabisan ide untuk menulis. Setelah menyelesaikan tantangan Maret, saya menyadari satu hal pada bulan April ini. Bahwa dengan membuat kewajiban yang harus saya penuhi setiap hari membuat saya akan mengulik topik yang serupa di dalam banyak postingan. Seperti memeras santan hingga benar-benar tetesan terakhir.

Jadi sesungguhnya dengan menulis lebih banyak di dalam hari yang sama, akan membuat kita menggali lebih dalam hal yang ada di dalam satu topik. Membaginya menjadi bagian yang terpisah. Kemudian bagian-bagian tersebut kita kupas sampai sedalam mungkin, sehabis mungkin.

Menulis lebih banyak itu sebenarnya bagaimana caranya kita menghadirkan kupasan yang lebih teliti untuk satu topik. Sehingga blog kita pun akan penuh oleh topik yang sama tetapi mengupas hal yang berbeda. Bagian-bagian yang terkecil pun tak akan luput dari perhatian kita karena memang kita harus menuliskannya lebih banyak dari biasa. Tak akan ada lagi pembahasan yang dangkal karena semuanya akan kita perhatikan. Akan coba kita bahas lagi bagian-bagiannya hingga habis tereksploitasi di blog.

Hal-hal sederhana yang mungkin selama ini kita tinggalkan karena memikirkan slot postingan yang kita batasi satu buah dalam satu hari. Tetapi sekarang, sesederhana apa pun hal yang sebelumnya kita tinggalkan akan menjadi bagian yang utuh dan berdiri menjadi postingan tersendiri untuk membangun topik utama yang sebenarnya.

Yuk, menulis lebih dalam.
Share:

Posting Komentar

Berkomentarlah yang baik. Semua komentar yang masuk akan dimoderasi. (admin: Honeylizious [Rohani Syawaliah]).

Designed by OddThemes | Distributed by Blogger Themes