Let's Talk About Pontianak (9): Yuk, Wisata Ke Pontianak, Kalimantan Barat






Halo Keke, Nai, salam kenal dari Kak Hani ya. Sebelum Kak Hani ngajakin Keke sama Nai jalan-jalan kita kenalan dulu ya? Ntar kalo langsung Kak Hani bawa jalan-jalan malah dikirain mau nyulik kalian berdua kan repot. Nama Kakak, Hani. Lengkapnya Rohani Syawaliah. Kakak tinggal di Kota Khatulistiwa, Pontianak, Kalimantan Barat. Banyak yang tanya suhunya panas banget ya di Pontianak, menurut Kak Hani sih biasa-biasa aja, karena sudah terbiasa kali ya? Tapi kalo Keke sama Nai nggak terbiasa dengan cuaca di Khatulistiwa mendingan sih kita pake payung sama topi biar nggak kepanasan ya?

Sekarang sudah siap kan jalan-jalan ke Pontianak? Sudah pernah ke sini belum?



Di Pontianak untuk tempat wisata memang tidak banyak. Tapi belum ke Pontianak namanya kalau belum ke Tugu Khatulistiwa. Di sinilah titik nol khatulistiwanya dan di sinilah terjadinya Kulminasi. Sudah pernah dengar tentang Kulminasi? Jadi kulminasi adalah (*pasang tampang ibu guru*) fenomena alam yang terjadi pada tanggal 21-23 Maret dan September dan saat itu posisi matahari sejajar dengan khatulistiwa. Apabila terjadi Kulminasi dan kita berada di dekat Tugu Khatulistiwa, dapat dipastikan bayangan kita akan menghilang. Menghilangnya tidak untuk selamanya Keke, Nai, sebentar aja kok. Hehehe... jangan-jangan takut mau ke Tugu Khatulistiwa pas Kulminasi. Takut bayangannya nggak balik-balik ya?

Habis dari Tugu Khatulistiwa pasti perutnya lapar banget kan?

Mendingan kita wisata kuliner aja ya? Kak Hani juga gampang lapar kalo jalan-jalan terus. Kita ke Warung Pa' Ngah aja ya? Ada bubur super sehat dan lezat. Kita pesan tiga mangkok bubur pedas. Satu buat Keke, satu buat Nai, dan satu buat Kak Hani. Namanya memang bubur pedas tapi tenang ya Keke, Nai, rasanya nggak ada pedes-pedesnya kok. Kan cabainya nggak ada di dalam buburnya. Kalo mau baru boleh ditambahin belakangan. Buburnya ini sehat banget soalnya isinya sayuran dan bumbu. Sayurannya banyak banget jenisnya dan paling dominan memang sayur. Ini makanan khas dari Sambas, tapi sering disebut makanan khas Pontianak.


Dinamakan bubur pedas karena bahannya berbagai jenis sayuran yang dicampur jadi satu dengan bumbu. Jadi kalo Keke sama Nai males makan banyak sayur nggak apa-apa, minta bikinin bubur pedas aja sama emaknya ya.


Sudah kenyang belum? Kalau sudah sekarang kita beli oleh-oleh yuk untuk emak sama bapak di rumah. Pusat oleh-oleh Pontianak ada di Jalan Pattimura. Banyak banget pilihannya. Ada lempok, kerupuk aloevera, dodol buah, dodol aloevera, juhi bakar, stik keladi, dan masih banyak lagi.


Keke, Nai, mau beli yang mana? Kak Hani traktir deh tapi jangan yang mahal-mahal ya.... hehehehe... Kapan-kapan Kak Hani ajakin main di tempat wisata Pontianak yang lain. Maunya sih ngajak ke semua tempat tapi nanti Keke sama Nai kecapean, capek baca maksudnya. Sampai ketemu lagi Keke, Nai. *lambai-lambai tangan*

Tulisan ini diikutsertakan dalam 1st Giveaway: Jalan-Jalan Seru untuk Keke dan Nai.
Share:

Posting Komentar

Berkomentarlah yang baik. Semua komentar yang masuk akan dimoderasi. (admin: Honeylizious [Rohani Syawaliah]).

Designed by OddThemes | Distributed by Blogger Themes