Bilingual Tapi Bukan Terjemahan



Rencananya bulan Mei saya baru mewujudkan blog ini dalam dua bahasa. Bahasa Inggris dan bahasa Indonesia. Tetapi hari ini saya merasa perjuangan saya di blog ini masih belum cukup. Masih tak banyak yang saya lakukan. Masih sedikit yang saya berikan sehingga hari ini saya memutuskan untuk menulis tiap postingan dalam dua bahasa kecuali untuk postingan review produk atau iklan yang mengharuskan saya mengirimkan tulisan ke website yang lain akan tetap dituliskan dalam satu versi saja yaitu bahasa Indonesia. Termasuk juga kontes yang mewajibkan tulisan berbahasa Indonesia.

Mungkin selama ini saya terlalu santai dalam ngeblog. Banyak yang saya lupakan untuk dilakukan. Tak semua orang harus melakukan perjuangan yang sama untuk mendapatkan hal yang serupa bukan? Bisa jadi usaha orang lain berbeda jalannya dengan yang harus saya tempuh. Hari ini saya memutuskan inilah jalan yang saya tempuh untuk meningkatkan perjuangan saya di blog ini.

Jadi setelah ini akan muncul tulisan dalam bahasa Indonesia dan Inggris. Tapi bukan terjemahannya. Hanya memiliki maksud yang sama. Saya ingin menulis dalam dua versi yang bukan terjemahan karena ingin lebih bebas saja dalam mengeksplore apa yang saya bisa.

Menghadirkan satu postingan dalam dua versi bahasa juga dimaksudkan untuk mempermudah teman-teman yang ingin menikmati tulisan saya dalam bahasa Indonesia dan teman-teman baru yang tidak memahami bahasa Indonesia. Sehingga apa yang saya sampaikan tidak hanya bisa dinikmati oleh orang yang berasal dari negara kita tercinta ini tetapi bisa juga dinikmati oleh teman-teman dari luar negeri.

Saya masih harus banyak belajar untuk memperkaya kosakata bahasa Inggris saya tapi alah bisa karena biasa bukan? Mungkin di awal akan muncul berbagai kesalahan tapi di sanalah saya akan belajar. Belajar untuk mengenal diri saya lebih dalam. Mengeluarkan sesuatu yang saya bisa untuk lebih banyak orang.

Jangan ragu untuk mampir ke sini dan membaca tulisannya tetapi sudah ngeri duluan karena membaca tulisan berbahasa Inggris. Di bawah postingan bahasa Inggris tersebut saya akan tetap menghadirkan bahasa Indonesia. Sehingga kita tetap bisa berkomunikasi dalam dua bahasa.

Selamat menikmati.
Share:

Posting Komentar

Berkomentarlah yang baik. Semua komentar yang masuk akan dimoderasi. (admin: Honeylizious [Rohani Syawaliah]).

Designed by OddThemes | Distributed by Blogger Themes