Bilingual Blog?



Ada sih sebuah blog yang dulunya sering saya sambangi dan memang menggunakan dua bahasa sekaligus di blognya. Mungkin saya bisa menerapkan hal yang sama kalo nggak males-males amat untuk bikin satu postingan dalam dua bahasa. Tapi mengerjakan satu hal sampai dua kali itu memang kelemahan saya. Walaupun Mister Achan selalu bilang untuk menuliskan postingan dalam bahasa Indonesia dulu baru diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris. Kok, rasanya buang waktu banget mengerjakan satu postingan sampai dua kali.

Padahal saya tahu manfaatnya akan sangat bagus. Jadi pengunjung tetap yang memahami bahasa Indonesia tak akan kesulitan dan pengunjung baru yang berasal dari luar negeri juga tetap bisa menikmati tulisan yang sama.

Sekarang sih masih malas ya, semoga bulan depan saya bisa menerapkannya. Tantangan April empat postingan sehari saja masih terseok-seok saya kerjakan. Kalau sampai membuat empat postingan sehari dalam dua bahasa, itu sama juga dengan membuat delapan postingan. Tantangan yang lumayan menggoda untuk dilewati.

Itu artinya latihan yang harus saya lakukan akan lebih keras lagi dari tantangan yang saya berikan sendiri pada diri saya. Kalo menerjemahkan dari bahasa Inggris ke bahasa Indonesia sih tidak begitu menyulitkan. Tapi sebaliknya tentu akan menjadi sebuah masalah yang baru ya? Sekarang ada postingan yang saya campurkan dengan beberapa kalimat berbahasa Inggris sebagai latihan untuk mengembangkan kosakata bahasa Inggris saya.

Jadi ingat masa les bahasa Inggris dulu. Saya suka bahasa Inggris tapi saya tidak begitu pintar menggunakannya. Untungnya saya masuk lembaga pendidikan bahasa Inggris di luar sekolah. Jadi setidaknya untuk komunikasi dasar masih bisa diandalkanlah. Sekarang bagaimana jadinya kalau bulan depan menantang diri sendiri untuk membuat blog dengan dua bahasa? Bahasa Inggris dan bahasa Indonesia. Akan sangat menarik dan saya akan butuh kamus Bahasa Inggris sepertinya. Bukan sepertinya, memang harus beli ya? Hahahaha... doakan bulan depan, saat tantangannya bertambah menjadi 5 postingan sehari dan bilingual bisa saya lewati.
Share:

Posting Komentar

Berkomentarlah yang baik. Semua komentar yang masuk akan dimoderasi. (admin: Honeylizious [Rohani Syawaliah]).

Designed by OddThemes | Distributed by Blogger Themes