1 Februari 2013

Menulis 2 Jam Sehari



Baiklah, kali ini saya ingin berbagi ke teman-teman mengenai aktivitas menulis saya selama ini. Di luar jadwal menulis novel ya! Hanya jadwal menulis postingan untuk blog. Jika orang berpikir saya menulis setiap hari atau sangat sering menulis, itu kadang benar, kadang juga salah. Soalnya saya memang pernah menulis setiap hari tanpa henti. Setidaknya satu atau dua tulisan akan saya hasilkan dan saya posting di blog. Ada pula yang berakhir di draft. Tapi ada kalanya saya menulis seminggu sekali. Tetapi jumlahnya bisa 10-15 tulisan.

Tulisan saya tak begitu panjang kok. Satu tulisan biasanya 1-2 halaman. Jika saya menulis 10 postingan, setidaknya saya menulis 20 halaman sehari. Satu tulisan biasanya saya selesaikan dalam waktu 5-10 menit. Bergantung kecepatan tangan saya sendiri. Apalagi sekarang saya menggunakan papan ketik yang sangat gampang digunakan. Meskipun ada beberapa kesalahan pengetikan tetapi kecepatan mengetik saya menjadi berlipat ganda. Beda dengan dulu saat menggunakan netbook. Tapi kelebihan netbook sendiri memang saya bisa mengetik dengan banyak posisi. Beda dengan komputer. Saya mau tidak mau harus duduk dan menghadapi layarnya.

Kembali lagi ke topik. Sebenarnya saya membatasi diri saya untuk menulis 2 jam maksimal dalam sehari. Tak peduli apakah saya menulis seminggu sekali atau setiap hari. Dua jam adalah ambang batas yang harus saya patuhi. Kalaupun saya masih ada ide yang harus saya tuliskan saya akan menuliskan judulnya dan melanjutkan tulisan tersebut di lain waktu.

Tak perlu waktu banyak kok untuk menulis. Hal paling penting untuk kita lakukan adalah kita harus konsisten dengan apa yang kita lakukan. Jadi saya bisa mengisi blog ini setiap hari paling sedikit dengan satu tulisan. Tetapi kadang-kadang mau tidak mau saya harus menuliskan dua atau tiga postingan tambahan. Entah itu info yang akan segera basi apabil tidak dituliskan atau ada beberapa lomba yang terjebak deadline. Kemudian saya menyerah dan mulai menuliskan yang sesuai dengan peraturan dari panitia.

Jadi jika saya memang menulis setiap hari biasanya saya hanya menyisihkan waktu 5-15 menit perhari untuk menulis satu postingan. Jika kita sudah terbiasa untuk menulis, dengan sendirinya kita akan mudah mengeluarkan gagasan yang ada di kepala kita. Seperti pisau yang telah diasah. Akan selalu tajam dan bisa digunakan untuk memotong dengan baik.

Kalau kamu, sehari berapa jam menulisnya?

Related Posts

Menulis 2 Jam Sehari
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.

Berkomentarlah yang baik. Semua komentar yang masuk akan dimoderasi. (admin: Honeylizious [Rohani Syawaliah]).