Simpan di Draft Lebih Aman



Berapa sering kehilangan data yang ada di netbook karena terjadi kerusakan pada netbook yang kita gunakan? Saya beberapa kali mengalaminya. Sebenarnya sih data yang paling penting yang ada di netbook hanya tulisan untuk blog dan draft novel. Berhubung beberapa bulan ini saya mengalami masalah dengan perangkat yang saya gunakan dan harus merelakan beberapa tulisan yang belum saya simpan secara online.

Sekarang saya tidak lagi membiasakan untuk menunda menyelesaikan sebuah tulisan. Dulunya baru menulis setengah saya akan menyimpannya buat disambung esok hari atau minggu depan lagi. Memang sih tulisan saya dalam sehari banyak, jadi kadang saya menulis empat setengah atau sembilan setengah.


Tentunya tulisan yang akan menghilang ini adalah yang setengah itu. Karena sebuah tulisan yang sudah selesai akan langsung saya masukan ke kotak draft. Terlepas kapan saya akan memublikasikannya di blog. Soalnya sulit mempercayakan data pada hardware yang kita miliki. Kalaupun ingin disimpan secara offline simpanlah di flashdisk. Jangan hanya satu tapi beberapa. Kesannya ribet ya? Mendingan sih simpan di tempat yang bisa didownload kembali. Mengirimkannya ke e-mail pribadi juga bisa jadi pilihan, paling penting jangan lupa kata kunci untuk membukanya.

Khusus untuk tulisan yang akan saya posting di blog akan langsung saya masukkan ke kotak draft. Bukan hanya tulisan, baru judul atau tema pun kadang langsung saya simpan di sana. Sayangkan apabila tulisan yang sudah ada di benak kita tidak jadi kita publikasikan karena kita kehilangan datanya yang tersimpan di harddisk komputer yang rusak esok harinya.
Share:

Posting Komentar

Berkomentarlah yang baik. Semua komentar yang masuk akan dimoderasi. (admin: Honeylizious [Rohani Syawaliah]).

Designed by OddThemes | Distributed by Blogger Themes